Pergantian Tahun Baru, LH Jakarta Timur Angkut 62.299 Kilogram Sampah

Pergantian Tahun Baru, LH Jakarta Timur Angkut 62.299 Kilogram Sampah - sampah tahun baru - www.indopos.co.id

Petugas LH Jaktim saat membersihkan badan jalan di Jakarta Timur. (Dok Pemkot Jaktim)

INDOPOS.CO.ID – Kepala Suku Dinas (Sudin) LH Jakarta Timur, Eko Gumelar menyatakan bahwa 400 personel Satgas Sudin LH Jakarta Timur telah membersihkan dan mengangkut sekitar 62.299 kilogram sampah yang dihasilkan dari perayaan malam pergantian tahun di beberapa lokasi ramai warga.

“Mereka dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa kegiatan masyarakat selama perayaan malam pergantian tahun dari Minggu (31/12/2023) pukul 18.00 WIB hingga Senin (1/1/2023) pukul 06.00 WIB. Sampah yang berhasil ditangani tersebut kemudian dibuang ke Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat,” katanya dalam keterangan, Senin (1/1/2024).

Menurutnya, sebanyak 62.299 kilogram sampah tersebut diangkut dari 10 wilayah kecamatan.

Rinciannya, Kecamatan Duren Sawit menyumbangkan 20 ribu kilogram, menjadi lokasi paling banyak karena banyak masyarakat merayakan malam tahun baru di sepanjang Kanal Banjir Timur (KBT).

Diikuti oleh Kecamatan Jatinegara sebanyak 14.339 kilogram, karena aktivitas masyarakat juga tinggi di KBT.

Selanjutnya, Kecamatan Ciracas menyumbang 8.000 kilogram, dengan konsentrasi masyarakat di atas flyover Pasar Rebo, perempatan Pasar Rebo, dan Jalan Raya Bogor.

Di Kecamatan Cipayung, sebanyak 4.960 kilogram sampah dikumpulkan, terutama di kawasan obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan sekitarnya.

Kemudian, Kecamatan Pasar Rebo dan Kramat Jati masing-masing menghasilkan volume sampah sebanyak 3.300 kilogram. Sementara Kecamatan Cakung dan Matraman sama-sama mencapai 3.000 kilogram sampah.

Di Kecamatan Pulogadung, terkumpul sebanyak 1.500 kilogram sampah, dan terakhir, Kecamatan Makasar mencapai jumlah sampah yang paling sedikit, yaitu 900 kilogram.

Ia juga menambahkan bahwa selain mengerahkan 400 personel, pihaknya juga menggunakan 11 unit road sweeper, 12 unit truk sampah organik, 12 unit truk terbuka, enam unit bus toilet, dua unit toilet portable, dan 40 buah dustbin.

“Dalam upaya membersihkan dan mengangkut sampah sisa perayaan malam pergantian tahun di berbagai lokasi keramaian warga,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version