DKI Tuntaskan Jalan Amblas di Olimo Jakbar

Jalan-Amblas

Jalan amblas di Jalan Gajah Mada Raya, Jakarta Barat. Foto: Diskominfotik/Istimewa.

INDOPOS.CO.ID – Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyelesaikan penanganan Jalan Olimo di Taman Sari, Jakarta Barat, yang mengalami amblas hari ini.

“Kami akan menyelesaikan secepat mungkin pada hari ini juga,” katanya dalam keterangan Jumat (5/1/2024).

Heru menyebut jalan yang amblas tersebut disebabkan oleh relokasi jaringan saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 kV PLN sebagai bagian dari relokasi jaringan utilitas terkait pembangunan Stasiun MRT Mangga Besar.

“Pekerjaan relokasi ini dilaksanakan oleh PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat, dimulai sejak Desember 2023 dengan dua lokasi pembuatan lubang (pit) SKTT,” ujarnya.

Heru menekankan bahwa PT PLN telah berkoordinasi dengan Dishub DKI Jakarta terkait rekayasa lalu lintas selama pekerjaan, dan juga dengan Dinas Bina Marga mengenai metode kerja dan pengembalian hasil galian.

“Sesuai target, pekerjaan galian diharapkan selesai pada 14 Januari 2024. Saat ini, pekerjaan sipil sedang dilakukan di pit 2, sementara pit 1 sudah selesai sebelum akhir 2023,” tegasnya.

Pada Kamis (4/1/2024) kemarin, jalan di sekitar pit 2 mengalami amblas, menyebabkan penyempitan jalan dan kemacetan. PLN dan MRT segera berkoordinasi untuk melakukan perbaikan, termasuk perapian kembali pagar yang terjatuh.

Mereka juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk penutupan jalan, pengalihan arus lalu lintas, penimbunan kembali jalan yang berlubang, perbaikan penopang, sheet pile (turap) di lokasi galian pit, dan penimbunan kembali jalan yang amblas menggunakan lembar baja agar kendaraan dapat melintas. (fer)

Exit mobile version