Pemkot Jaksel Siapkan Program LAKSA Betawi untuk Disabilitas

laksaip

Petugas Adminduk Sudin Dukcapil Pemkot Jaksel saat mendata RT 11/08, Kelurahan Kalibata. Foto: Pemkot Jaksel/Istimewa.

INDOPOS.CO.ID – Program Layanan dengan Kasih Sayang (LAKSA) Betawi yang dicanangkan oleh Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan telah dimanfaatkan oleh tiga warga penyandang disabilitas di wilayah Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran.

Kepala Satuan Pelaksana Dukcapil Kelurahan Kalibata, Yuyun Wahyuni mengatakan layanan LAKSA Betawi ini ditujukan untuk warga penyandang disabilitas yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

“Kami menyediakan layanan ini khusus bagi warga yang tidak dapat datang langsung ke loket layanan Dukcapil yang telah disediakan. Layanan jemput bola disediakan untuk mereka yang telah mendaftar melalui tautan bit.ly/LaksaBetawiJaksel atau melakukan pemindaian QR Code,” katanya dalam keterangan Senin (22/1/2024).

Dia menjelaskan, sosialisasi Program LAKSA Betawi terus diselenggarakan kepada warga melalui pengurus RT dan RW dengan tujuan agar semua warga, tanpa terkecuali, dapat mematuhi administrasi kependudukan (adminduk).

“Selain itu, orang dengan gangguan jiwa juga dapat menjadi penerima manfaat dari layanan ini. Kami berkomitmen untuk mendukung kesetaraan dan keadilan bagi seluruh warga, karena semua orang berhak mendapatkan layanan adminduk,” ujarnya.

Sementara itu, Alawiyah (58), warga RT 11/08, Kelurahan Kalibata, yang merupakan penerima manfaat layanan LAKSA Betawi, menyatakan kegembiraannya dan mengapresiasi kehadiran layanan jemput bola bagi warga penyandang disabilitas.

Ia merasa sangat terbantu dan merasa bahwa layanan tersebut efektif, terutama bagi warga yang kesulitan untuk pergi ke kantor kelurahan maupun kecamatan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak RT/RW yang telah memberikan informasi mengenai program ini kepada warga,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version