Pengamat Apresiasi Pemprov DKI Raih Enam Piala Adipura

adipura

Pj Gubernur Heru Budi Hartono ikuti kerja bakti bersama warga. Foto: Diskominfotik/Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Pengamat Kebijakan Publik GMT Institute, Agustinus Tamtama Putra menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bawah Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono berhasil mendapatkan enam penghargaan piala Adipura.

Menurut pria yang akrab disapa Tamtam ini, penghargaan tersebut tidak terlepas dari komitmen Heru dalam menggenjot kesadaran warga terhadap lingkungan alam sekitar. Tamtam menyebutkan, aksi menjaga kebersihan lingkungan tersebut adalah upaya Heru membangun Jakarta Ekologis.

“Piala Adipura dianugerahkan sebagai bentuk motivasi untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan hidup. Sedari awal ini memang diusahakan oleh Pj Heru Budi dalam program yang saya sebut Jakarta Ekologis,” ujar Tamtam dalam keterangannya, Rabu (20/3/2024).

Lebih lanjut Tamtam menegaskan, prestasi Jakarta menjadi peraih dan pemenang Penghargaan Adipura 2023, bukan datang dalam semalam atau semudah membalikkan telapak tangan, melainkan hasil kerja keras Heru mengkonsolidasi birokrasi sampai terbentuknya dedikasi dan semangat juang lintas sektor dan lini di seluruh Pemprov DKI Jakarta.

“Semua elemen kota maupun kabupaten administrasi DKI Jakarta mengupayakan layanan prima dan terbaik untuk memeroleh penghargaan bergengsi tersebut. Patut diakui bahwa memang pada masa Heru Budi Hartono memimpin Jakarta, banyak perkembangan positif terjadi,” katanya.

Tamtam menjelaskan, Ekologis terkait erat dengan ekosistem dan keanekaragaman biodiversitas. Menurut ahli filsafat ini, Jakarta pelan-pelan namun pasti semakin hijau dari hari ke hari seiring dengan semakin lebatnya dedaunan dan tumbuhnya pepohonan yang secara massif ditanam di seantero Jakarta.

Tamtam mengatakan, perhatian besar pada lingkungan hidup tersebut telah menjadikan Jakarta dibawah komando Heru sebagai kota yang ramah lingkungan, bersih dan rapi. Ia menyampaikan, kerja keras Heru dalam pembangunan, selaras dengan cita-cita Jakarta sebagai Kota Global pasca pemindahan ibu kota ke Kalimantan.

“Betapa segar dan sejuk bila di seluruh kota semakin banyak ruang terbuka hijau yang bukan hanya menyalurkan oksigen tetapi sanggup menyerap radikal bebas dan karbondioksida yang menyebar dalam partikel yang dikeluarkan oleh asap kendaraan dan polusi lainnya,” sebutnya.

Seperti diketahui, penilaian Adipura secara fisik dilakukan di 20 lokasi dengan 124 komponen dan 268 sub-komponen penilaian. Lima kota administrasi di DKI Jakarta yakni Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur meraih penghargaan Anugerah Adipura kategori Kota Metropolitan. Sementara Kabupaten Kepulauan Seribu meraih Adipura kategori Kota Kecil.

“Jika yang lain masih bermimpi memimpin Jakarta, Pj Gubernur Heru Budi Hartono sudah memimpin Jakarta dan mewujudkan kemajuan tersebut secara nyata dalam realitas, bukan angan-angan,” tutup Tamtam. (fer)

Exit mobile version