Pemerintah Setiap Tahun Usulkan Ragam Sektor Industri Penerima BMDTP

EKONOMI.INDOPOS.CO.ID – Pemerintah terus memacu produktivitas dan daya saing industri. Salah satunya melalui skema fasilitas Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) kepada empat sektor industri baru.

“Empat sektor industri baru itu di antara industri pembuatan lead ingot, telepon seluler, kacamata, dan kacang almond,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Ngakan Timur dalam keterangan yang dikutip dari laman resmi Kemenperin, Kamis (27/1/2022).

Hingga saat ini, menurut dia, ada 41 sektor industri yang terdiri dari 217 perusahaan telah memanfaatkan fasilitas BMDTP. Stimulus fiskal tersebut dilakukan pemerintah sejak 2008 lalu.

“Setiap tahun sektor industri yang diusulkan beragam,” katanya.

Ia menyebut, usulan tersebut didasarkan pada kebijakan pengembangan industri nasional melalui Peraturan Pemerintah (PP) No.14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035.

“Fasilitas ini untuk mengoptimalkan nilai tambah industri di dalam negeri dan meningkatkan daya saing industri nasional,” terangnya. (nas)

Exit mobile version