Penuhi Kebutuhan, Industri dan Diksi Buat Kurikulum Bersama

Kurikulum Bersama

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengenakan batik cokelat. (Kemendikbudristek)

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah terus genjot kerja sama pendidikan vokasi dan dunia industri. Hal ini agar lulusan pendidikan vokasi (Diksi) sesuai kebutuhan dunia industri.

Salah satunya dilakukan SMK Muhammadiyah 2 Salam, Magelang, Jawa Tengah dengan Polytron. “Kerja sama pendidikan vokasi dan dunia industri mencakup kurikulum yang dibuat bersama,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto dalam keterangan, Selasa (1/2/2022).

Selain itu, bentuk kerjasama tersebut di antaranya: expert dari dunia industri yang mengajar di SMK, magang guru dan siswa di dunia industri hingga bantuan peralatan pembelajaran praktik.

“Kerjasama antara SMK Muhammadiyah 2 Salam dengan Polytron agar lulusan SMK terserap Polytron,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Dirjen Wikan juga secara resmi menghibahkan sebuah pesawat terbang berawak dua, yaitu Pesawat KR-02, kepada SMK Muhammadiyah 2 Salam.

“Pesawat terbang ini dirancang dan dibangun oleh Almarhum Ir. Kemal Singgih (ayah Dirjen Wikan, red) dan teman beliau seorang pebisnis yang hobi olahraga dirgantara yaitu Bapak Heri Rudiyanto,” terangnya.

Ia menuturkan, agar pesawat dimanfaatkan oleh SMK Muhammadiyah 2 Salam. Khususnya untuk melatih para siswanya sebagai calon teknisi pesawat terbang.

“Siswa SMK jurusan penerbangan kalau belajar sebagai calon teknisi pesawat ya jangan hanya dengan membaca buku saja, harus pegang langsung pesawat aslinya,” katanya. (nas)

Exit mobile version