Tekan Lakalantas, Jasa Raharja Beri Edukasi Human Error

Laka Lantas

Kecelakaan di persimpangan Muara Rapak, Kota Balikpapan, yang menewaskan empat orang dan empat orang luka berat pada Jumat (21/1/2022). Diduga kecelakaan disebabkan truk tronton mengalami rem blong. Foto: Tangkapan layar YouTube

INDOPOS.CO.ID – Awal tahun 2022 ini dikejutkan oleh beberapa kejadian memilukan, di antaranya kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang menelan banyak korban jiwa.

Hasil kajian yang dilakukan Jasa Raharja bersama Universitas Airlangga Surabaya menyebutkan, selain karena faktor kendaraan yang tidak layak untuk dioperasionalkan, kecelakaan yang terjadi di Indonesia saat ini juga didominasi oleh human error atau kelalaian manusia.

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono mengatakan, human error pada pengendara mobil terjadi akibat kesalahan manusia seperti kelelahan, mengantuk dan kehilangan konsentrasi lalu didukung dengan perilaku berkendara dengan kecepatan tinggi.

“Hal tersebut merupakan bentuk human error yang disebabkan oleh banyaknya aktivitas dan kurangnya istirahat,” ujar Rivan dalam keterangannya, Rabu (9/2/2022).

Beberapa peristiwa kecelakaan yang menjadi perhatian media dan masyarakat, salah satunya di persimpangan Muara Rapak, Balikpapan, yang menewaskan empat orang dan empat orang luka berat pada Jumat (21/1/2022).

Sementara itu, Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana mengatakan, pada 2021 penyerahan santunan Jasa Raharja mengalami kenaikan 3,2 persen dibanding 2020. Namun terjadi penurunan jumlah korban lakalantas yang disantuni Jasa Raharja sebanyak 0,3 persen.

“Dengan kata lain terjadi peningkatan fatalitas pada korban kecelakaan lalulintas yang disantuni Jasa Raharja,” kata dia.

Data menunjukan faktor penyebab kecelakaan berasal dari 61 persen human error, 9 persen faktor kendaraan, serta 30 persen faktor prasarana dan lingkungan. Sebagai upaya dalam menurunkan angka laka lantas di Indonesia, Jasa Raharja melakukan langkah-langkah strategis dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menekan kecelakaan melalui program yang bersifat edukatif, serta mengandung unsur pesan pencegahan kecelakaan.

Salah satu jawaban yang dilakukan PT Jasa Raharja member of Indonesia Financial Group (IFG) dalam mengedukasi masyarakat untuk menekan laka lantas, khususnya anak muda adalah menggelar Jasa Raharja Live Streaming YouTube yang akan dilaksanakan pada Rabu (9/2/2022) puk 19.00 WIB sampai selesai dengan tema ‘Human Error’.

Ini bisa disaksikan secara live di dua kanal Youtube, yaitu Jasa Raharja dan BUMN Info. Acara ini akan dipandu Surya Insomia dan Fhany Ghassani, dengan narasumber Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono dan Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana.

Sedangkan bintang tamu yang akan hadir adalah Atenk Katros pemilik Bengkel Motor Katroz yang tenar karena memodifikasi motor yang dikendarai Presiden RI, Joko Widodo. Pada acara ini juga disiapkan 2 unit smartphone dan beberapa hadiah hiburan menarik untuk penonton terpilih.(ibs)

Exit mobile version