Satgas IDI Ingatkan Nakes Waspada dan Hati-hati Agar Tidak Terpapar Covid-19

Satgas IDI Ingatkan Nakes Waspada dan Hati-hati Agar Tidak Terpapar Covid-19 - nakes IDI - www.indopos.co.id

Ilustrasi - Tenaga kesehatan. Foto: Tangkapan layar Instagram/@ikatandokterindonesia

INDOPOS.CO.ID – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengingatkan, seluruh tenaga kesehatan (nakes) tidak lengah terhadap situasi pandemi saat ini, seiring melonjaknya kasus positif secara nasional.

Hal itu disampaikannya melalui akun media sosial milik pribadinya, sekaligus mengunggah potongan berita dari media massa cetak, dengan judul Ratusan Tenaga Kesehatan Terpapar Covid-19.

“Harap waspada dan berhati-hati. Semoga Allah SWT selalu memberikan keselamatan dan semua energi yang kita butuhkan untuk melalui hari ini dengan kuat. Amin,” kata Zubairi dalam akun Twitter miliknya @ProfesorZubairi, Kamis (10/2/2022).

Ia mengemukakan, bahwa ada tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah daerah Indonesia mulai terinfeksi Covid-19. Meski ia tidak merinci jumlah nakes yang terpapar virus Corona.

“Covid-19 sudah mendekati lingkaran dan kerabat saya, termasuk teman nakes. Banyak yang terinfeksi,” ujar Zubairi.

Penyebaran virus Corona varian Omicron telah meluas di tengah masyarakat. Karenanya, ia meminta semua pihak tidak menyepelekan penularan Covid-19.

“Sekali lagi, jangan remehkan Covid-19. Bisa jadi bagi sejumlah orang gejalanya ringan, tapi untuk yang lain, seperti kelompok rentan, bisa jadi berpotensi kematian. Hati-hati,” imbaunya.

Terpisah, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya belum mengumumkan data mengenai nakes terpapar Covid-19 sejak awal tahun 2022.

“Belum ya, masih dikompilasi,” ucap Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes itu saat dikonfirmasi melalui gawai. (dan)

Exit mobile version