Negara Harus Hadir untuk Mewujudkan Kesetaraan bagi Penyandang Disabilitas

pks

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jazuli Juwaini (kiri), saat laga persahabatan dengan Tim Nasional Sepak Bola Amputasi Indonesia di Lapangan Sepak Bola Komplek DPR RI pada Sabtu (26/2/2022). Hadir dalam kesempatan ini Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan sejumlah Anggota DPR PKS. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar pertandingan persahabatan dengan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Amputasi Indonesia di Lapangan Sepak Bola Komplek DPR RI pada Sabtu (26/2/2022). Hadir dalam kesempatan ini Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, dan sejumlah Anggota DPR PKS.

Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri membuka secara resmi pertandingan dengan kick off bola menggunakan penyangga kaki (kruk) sebagaimana seluruh anggota timnas amputasi.

Salim Segaf mengapresiasi semangat para pemain timnas amputasi untuk berlaga di kejuaraan dunia. Dan untuk itu semua pihak harus mendukung penuh usaha mereka menembus keterbatasan yang ada untuk bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Kita semua apapun kondisi dan keterbatasan kita adalah satu bangsa dan satu negara, maka PKS hadir untuk mendukung Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia mengembangkan diri dan meraih prestasi di bidang olah raga. PKS hadir untuk mewujudkan kesetaraan bagi penyandang disabilitas,” ungkap dia, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/2/2022).

Menteri Sosial periode 2009-2014 berharap Pemerintah juga hadir untuk mensupport penuh anak bangsa penyandang disabilitas dalam berbagai bidang dan kreativitas. Apalagi Indonesia telah meratifikasi regulasi tentang disabilitas melalui UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang mewajibkan negara hadir mewujudkan keadilan dan keseteraan bagi penyandang disabilitas di berbagai bidang kehidupan.

“Kami bangga dengan Timnas Amputasi Indonesia yang akan berlaga di tingkat dunia. Bola ini juga mengajarkan kita untuk bersama-sama, berbagi peran, pentingnya kerjasama, untuk tujuan bersama membangun negeri ini. Semoga sukses di kejuaran Bangladesh dan berikutnya Turki” katanya.

Salim Segaf berkisah, dirinya saat menjabat Menteri Sosial pernah memimpin dan mendampingi langsung para atlet disabilitas untuk mengikuti kejuaran disabilitas dunia dan luar biasa mereka berprestasi dan mengharumkan nama bangsa.

PKS Berikan Bantuan Pembinaan

Sementara itu, menurut Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini pertandingan persahabatan ini digelar untuk mendukung Timnas Amputasi Indonesia yang akan mengikuti turnamen internasional di Bangladesh dan Turki. Dalam kesempatan tersebut, Fraksi PKS memberikan bantuan pembinaan dan membiayai tiket timnas ke turnamen internasional di Bangladesh.

“Dengan bangga Fraksi PKS menyambut Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia untuk bertanding internasional. Kita support penuh, demikian juga kita berharap pemerintah juga mensupport penuh baik dari segi pembinaan maupun fasilitasi,” ujar dia.

Menurut Anggota Komisi I DPR ini Fraksi PKS terus mengawal implementasi UU Penyandang Disabilitas untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan mereka sebagai warga negara yang dijamin hak-haknya. Fraksi PKS mendukung penuh UU ini, bahkan menjadi Ketua Panja saat masih RUU, yaitu Ibu Ledia Hanifa Amalia.

“Kita mulai dari DPR dengan mendorong fasilitas bagi penyandang disabilitas di gedung ini. Sementara Pemerintah harus terus hadir mendukung kreativitas dan prestasi para penyandang disabilitas termasuk di cabang olah raga,” tuturnya.

Jazuli berharap apresiasi dan dukungan Fraksi PKS kepada Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia menginspirasi pihak-pihak lain, elemen masyarakat, dan tentunya pemerintah untuk tidak henti-hentinya mewujudkan keadilan dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas di Indonsia. (rmn)

Exit mobile version