Sambut Nyepi, KMHDI Ajak Umat Hindu Refleksi Diri

nyepi

Ilustrasi - Perayaan Hari Raya Nyepi. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) mengajak, mahasiswa Hindu di Indonesia memaknai Nyepi sebagai refleksi atas segala permasalahan fundamental yang masih dijumpai saat ini.

“Banyak sekali persoalan yang dihadapi Hindu hari ini seperti, minimnya tenaga pengajar agama Hindu di wilayah pelosok-pelosok, juga pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran Hindu dalam keseheharian,” kata Ketua Presidium KMHDI, I Putu Yoga Saputra, Rabu (2/3/2022).

Hal itu menjadi pekerjaan rumah bagi umat Hindu melakukan refleksi dan konsolidasi, agar bisa menghadirkan tenaga pengajar agama Hindu lebih merata di daerah-daerah.

“(Refleksi) agar hak siswa-siswa Hindu mengakses pendidikan agama bisa terpenuhi,” tutur Yoga dalam menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1944 yang jatuh pada 3 Maret 2022.

Ia juga menyoroti persoalan politik identitas yang sering dijumpai umat Hindu. Menurutnya, kehadiran politik identitas dalam bentuk penistaan agama sama saja memojokkan keyakinan umat Hindu itu sendiri.

Persoalan itu dapat dijadikan momentum, untuk refleksi diri sebagai umat Hindu dan ke depannya dapat memperkokoh pondasi dalam beragama Hindu.

Sementara persoalan ekonomi umat dinilainya, masih belum optimal dengan baik. “Kita harus sadari bersama bahwa salah satu persoalan fundamental umat Hindu hari ini adalah soal ekonomi dan ketahanan umat di tengah persaingan yang tidak memiliki batas,” ujarnya.

Mengingat masih banyak umat di daerah cenderung tidak memiliki ketahanan ekonomi, yang kemudian berdampak pada kemampuan umat dalam mengakses pendidikan.

“Tentu ini menjadi perhatian kita bersama, lembaga-lembaga Hindu untuk fokus pada penguatan ekonomi umat,” ucap Yoga. (dan)

Exit mobile version