Jabodetabek dan Surabaya Masuk PPKM Level 2

Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan, soal evaluasi PPKM di Indonesia. (YouTube Sekretariat Presiden)

INDOPOS.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sejumlah wilayah di Indonesia menunjukan tren cukup baik dari sisi penanganan Covid-19. Alhasil status PPKM berganti menjadi level 2.

Perubahan status PPKM itu disebabkan karena perkembangan kasus harian nasional mengalami penurunan. Berdasar data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 saat ini kasus positif kurang dari 30 ribu.

“Sejumlah kabupaten/kota, yang kembali ke level 2 (PPKM) meningkat cukup signifikan,” kata Luhut usai rapat terbatas evaluasi PPKM secara virtual, Jakarta, Senin (7/3/2022).

Kondisi tersebut bahkan terjadi wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan Surabaya, Jawa Timur. Selain mengalami perbaikan penanganan Covid-19, termasuk rawat inap di rumah sakit.

“Terkait detail informasi ini akan tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri, yang akan keluar hari ini,” tutur Luhut.

Selain level asesmen menunjukan tanda-tanda perbaikan, mobilitas masyarakat juga meningkat cukip tinggi. Hal itu terlihat dari pergerakan data yang dikantongi pemerintah.

“Seiring membaiknya kondisi pandemi, pemerintah terus mendorong tingkat kekebalan masyarakat melalui vaksinasi,” ujar Luhut. (dan)

Exit mobile version