Kamis, 26 Mei 2022
No Result
View All Result
www.indopos.co.id

Magazine Paten kesatu 2022

  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
www.indopos.co.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
No Result
View All Result
www.indopos.co.id
No Result
View All Result
Home Nasional

BPN Jakbar Diganjar Penghargaan KemenPAN-RB

by bro
Kamis, 10 Maret 2022 - 14:52
in Nasional
bpn jakbar

Loket pelayanan di BPN Kota Administrasi Jakarta Barat

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOS.CO.ID – Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Barat adalah satu satunya Kantah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan kategori ‘pelayanan prima’ dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tahun 2022.

Penghargaan bergengsi dari Kementerian PAN-RB ini tentu saja tidak hanya membanggakan bagi insan Pertanahan di lingkungan Kantah Jakarta Barat, namun juga bagi semua insan Pertanahan di seluruh Indonesia, seperti yang diungkapkan oleh Menteri Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

BacaJuga

Direktur IPO Cium Ada Aroma Balas Dendam Politik di Banten

Koordinasi, Pj Gubernur Al Muktabar Kunjungi Pimpinan DPRD Banten

“Tentang apresiasi dari Kementerian PANRB ini bukan ditujukan ke saya, tapi kepada teman-teman yang bekerja baik sekali, terutama di Kantor Pertanahan yang meningkatkan pelayanan menuju layanan prima. Apresiasi itu ditujukan bagi seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN,” ungkap Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Admintarasi Jakarta Barat Sri Parnoto mengatakan, predikat yang diberikan oleh KemenPAN-RB kepada Kantor Pertanahan Jakarta Barat berkat kerja keras dan kerjasama semua jajaran di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat untuk merubah pola pikir dalam bekerja. Perbaikan dan penguatan aspek- aspek dalam layanan publik dilakukan sesuai ketentuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik antara lain aspek penerapan kebijakan layanan yang dilakukan, peningkatan kapasitas SDM, Penyiapan sarana dan prasana, SIPP, Konsultasi dan Pegaduan serta membuat inovasi-inovasi untuk memudahkan layanan dan pemberian Informasi.

Dalam implementasinya di Kantor Pertanahan dilakukan dengan melakukan penguatan penggunaan aplikasi KKP, Optimalsiasi layanan elektronik dan pendaftaran online, peningkatan kualitas data tekstual dan spasial serta penangganan informasi dan pengaduaan yang lebih informatif dan terpadu dengan adanya command center.

Selain itu peningkatan koordinasi dan sinergi dengan para stake holder dan pemerintah daerah. Staregi publikasi dan komunikasi juga dilakukan lewat media social dan media lainya juga dilakukan. “Adapun wujud nyatanya adalah tahun 2021 ini Kantah Kota Jakarta Barat juga mendapatkan predikat WBK dan Penghargaan standar layanan publik tertinggi dari Ombudsman Republik Indonesia tahun 2022,” ujar Sri Pranoto kepada indopos.co.id, Kamis (10/3/2022).

Mantan Kepala Kantah Kota Tangerang ini juga menjelaskan, pihaknya juga melakukan desain ruangan yang modern, bersih, nyaman, dan ramah serta fasilitas pendukung seperti Pojok Laktasi dan pojok bermain balita.

Perubahan itu dimulai awal tahun 2021 lalu, di mana dilakukan perubahan tata letak dan konsep loket layanan yang nyaman dimana terdapat banyak loket dengan masing-masing pelayanan seperti Loket Khusus untuk pemohon tanpa kuasa, loket khusus pensiunan, hingga loket Lansia dan Disabilitas.

Tak hanya itu, BPN Jakarta Barat juga menyediakan pula loket khusus Informasi dan Pengaduan Masyarakat, loket ruang temu PTSL untuk mengakomidir permasalahan dan penyelesaian berkas-berkas PTSL dan untuk mendapatkan informasi berkas layanan dan konsultasi dengan petugas dan satgas PTSL.

Kemudian, ada juga loket Informasi Layanan Pertanahan dengan adanya monitor-monitor digital KIOS-K, Sentuh Tanahku dan Papan Digital, Loket Online dan Validasi untuk pelakasanaan layanan elektronik dan validasi data buku tanah dan bidang tanah, Loket Penyerahan dan adanya survey IKM.

Dijelaskan, perubahan loket layanan dan perubahan pola layanan yang dibuat lebih jelas, terarah dan tetap melaksanakan layanan di masa pandemi dengan tetap menjaga protokol pencegahan Covid-19 selaa masa Pendemi.

Langkah berikut yang dilakukan oleh Kantah Kota Administrasi Jakarat Barat adalah merespons cepat keluhan dan pengaduan masyarakat dengan menyiagakan sejumlah petugas, dari mulai dari pintu gerbang, pintu masuk, sampai loket-loket layanan bagi warga yang membutuhkan bantuan dalam pengurusan dokumen tanah. Pemberian WA Blast berkas terdaftar dan berkas sudah selesai juga dilakukan sehingga pengguna layanan sudah mendapatkan informasi terlebih dahulu berkas sudah terdaftar dan berkas sudah selesai untuk segera diambil diloket penyerahan.

“Pelayanan publik merupakan wajah pemerintah, karena berhadapan langsung dengan masyarakat. Sehingga, masyarakat yang menilai langsung pelayanan yang kita berikan. Jadi baik tidaknya pemerintahan, itu bisa dilihat dari pelayanan publiknya,” ujarnya.

Penghargaan ini, kata pria yang akrab disapa Toto, merupakan motivasi bagi dirinya dan seluruh jajaran di Kantah Jakarta Barat untuk terus dan terus bisa meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. “Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” tukasnya. (yas)

Tags: BPN JakbarKemenPAN RBkementerian atr/bpn
ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Aksi Perubahan Iklim
Nasional

Kementerian ATR/BPN Berperan Aktif dalam Mencegah Kerusakan Mangrove

Minggu, 22 Mei 2022 - 17:05
ATR/BPN
Nasional

Kemen ATR/BPN Lanjutkan Penuntasan Pengadaan Tanah bagi Warga Eks Timtim di NTT

Jumat, 20 Mei 2022 - 21:46
Sofyan A. Djalil
Nasional

Sofyan A. Djalil Ungkap 3 Kunci Sukses Berkarier bagi 2.565 CPNS di Lingkungan Kementerian ATR/BPN

Kamis, 19 Mei 2022 - 12:40
atr
Nasional

Kementerian ATR/BPN Kembali Melayani Masyarakat usai Libur Panjang Idul Fitri 1443 Hijriah

Selasa, 10 Mei 2022 - 10:56
Optimalisasi PAD, Kementerian ATR/BPN Dorong Pemanfaatan Peta ZNT kepada Pemerintah Daerah
Nasional

Optimalisasi PAD, Kementerian ATR/BPN Dorong Pemanfaatan Peta ZNT kepada Pemerintah Daerah

Sabtu, 30 April 2022 - 23:32
atr
Nasional

Kementerian ATR/BPN Dukung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat di Tanah Papua

Jumat, 29 April 2022 - 23:57
Load More

Populer hari ini

Sukses Jalankan Transformasi, BRI Dinobatkan Jadi Best of The Best BUMN

Pengangkatan Pj Sekda Banten Rawan Digugat

Senin, 23 Mei 2022 - 13:41
lantik

Lantik Pj Sekda, Pj Gubernur Banten Dianggap Salah Fatal

Senin, 23 Mei 2022 - 21:25
bpn jakbar

BPN Jakbar Diganjar Penghargaan KemenPAN-RB

Kamis, 10 Maret 2022 - 14:52
Kantor Pempro -Banten

Mantan Dirjen Otda Kemendagri Sarankan Muktabar Koreksi Pengangkatan Pj Sekda Banten

Rabu, 25 Mei 2022 - 20:10
kursi

DPR Minta Pj Sekda Banten Terpilih Harus Diganti

Selasa, 24 Mei 2022 - 23:25

E-Paper

Koran Indoposco 26 Mei 2022 - INDOPOSCO CETAK 260522 - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco 26 Mei 2022

by aro
Kamis, 26 Mei 2022 - 03:59
Koran Indoposco 23 Mei 2022 - INDOPOSCO CETAK 230522 - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco 23 Mei 2022

by aro
Senin, 23 Mei 2022 - 05:16
Koran Indoposco 21 Mei 2022 - INDOPOSCO CETAK 210522 - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco 21 Mei 2022

by aro
Sabtu, 21 Mei 2022 - 05:00
www.indopos.co.id | indoposco.id

Copyright © 2022.

www.indopos.co.id | indoposco.id

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index

Copyright © 2022.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist