Hadapi Tantangan Masa Depan, Calon Anggota Komnas HAM Harus Penuhi Kriteria Ini

Komnas HAM

Tangkapan layar acara daring bertajuk “Tantangan HAM 5 Tahun Mendatang dan Peran Strategis Komnas HAM." Foto: Komnas HAM

INDOPOS.CO.ID – Tahapan pendaftaran Seleksi Calon Anggota Komnas HAM periode 2022-2027 memperlihatkan beberapa perkembangan positif. Tim Panitia Seleksi (Pansel) mengajukan beberapa kriteria khusus terhadapan calon anggota.

Ketua Pansel Komnas HAM, Makarim Wibisono mengatakan, para pendaftar berasal dari berbagai provinsi di Indonesia yang didominasi dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

“Data sistem pendaftaran seleksi calon anggota Komnas HAM menunjukkan profesi pendaftar yang beragam, mulai dari advokat, akademisi, aktivis, jurnalis hingga pegawai swasta,” kata Makarim dalam keterangannya, Kamis (10/3/2022).

Tim Pansel juga melakukan diseminasi informasi proses pendaftaran dan memetakan, beberapa kriteria khusus bagi calon anggota Komnas HAM mendatang.

Kriteria tersebut, antara lain mempunyai visi dan misi mengembangkan kelembagaan Komnas HAM. Memiliki kemampuan memaksimalkan kewenangan penyelidikan pro justisia dan mendorong penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Mempunyai kemampuan dalam membangun relasi dan kerja sama yang baik. Ketua Pansel Calon Anggota Komnas HAM Kamala Chandrakirana menyatakan, kapasitas membangun kerja sama menjadi hal penting di tengah besarnya tantangan yang dihadapi 5 tahun kedepan.

“Kompleksitas kasus-kasus dan eskalasi peristiwa pelanggaran HAM hampir pasti terjadi,” ujar Kamala Chandrakirana.

Kerja sama yang dimaksud terkait monitoring terhadap pemerintah sebagai pengemban pelaksanaan pembangunan berdasarkan standar dan norma hak asasi manusia.

Anggota Pansel Calon Anggota Komnas HAM Azyumardi Azra menekankan, komisoner mendatang harus menjadi sosok unggulan mengingat tantangan pelaksanaan HAM mendatang lebih kompleks.

“Dalam konteks itu punya komisioner yang punya kelebihan khusus di bidang pelanggaran HAM yang berat,” ucap Azyumardi. (dan)

Exit mobile version