Keduanya Pakar di Bidang Perencanaan dan Pembangunan, Siapa Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe?

Bambang Susantono

Bambang Susantono. Foto: Instagram/@bambangsusantono

INDOPOS.CO.ID – Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe digadang-gadang bakal memimpin Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara periode 2022-2027. Bambang Susantono akan dilantik sebagai kepala Badan Otorita IKN. Sementara Donny Rajahoe sebagai wakil Kepala Badan Otorita IKN.

Lantas siapa kedua sosok tersebut, dilansir dari berbagai sumber, Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Bambang Susantono pernah menjabat sebagai pelaksana tugas menteri perhubungan, sebelum akhirnya diangkat sebagai wakil menteri perhubungan definitif di Kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pria kelahiran 4 November 1963 ini dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia adalah lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley dan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama pada tahun 2000.

Sejumlah jabatan strategis pernah dia dapuk di antaranya eks Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004-2010. Ia juga memiliki peran penting di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB). Ia ditunjuk sebagai wakil presiden untuk urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Sementara Dhony Rahajoe merupakan salah satu petinggi perusahaan Sinarmas Land. Saat ini, ia berstatus sebagai Managing Director President Office Sinarmas Land.

Ia tercatat pernah menjadi Anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITBS), sebuah yayasan milik Sinarmas Land. (nas)

Exit mobile version