BNPB Kirim Tim Reaksi Cepat ke Kabupaten Nias Selatan

gempa

Ilustrasi gempa. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan mengirimkan, tim reaksi cepat (TRC) untuk melakukan penilaian dampak gempa magnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Kepala BNPB Suharyanto menekankan kepada para pemangku kepentingan melakukan prioritas pertama, yaitu keselamatan masyarakat.

TRC akan memberikan pendampingan kepada pemerintah daerah dalam upaya penanganan darurat bencana sesuai kebutuhan di lapangan.

Ia berpesan, jika akan beraktivitas di dalam ruangan, perhatikan jalur evakuasi keluar yang mudah jika terjadi kondisi darurat.

“Berdasarkan pengalaman pada gempa-gempa sebelumnya, terjadinya korban bukan akibat gempa tetapi akibat bangunan yang roboh,” kata Suharyanto dalam jumpa pers virtual, Jakarta, Senin (14/3/2022).

Pemerintah daerah dan aparat TNI diminta segera menyiapkan aksi berdasarkan rencana kontinjensi yang telah disusun, kemudian personel TNI dan Polri membantu kesulitan masyarakat akibat gempa bumi.

“Kami memohon juga pimpinan daerah mulai kepala desa, camat, bupati, wali kota dan gubernur turun dan memimpin aksi-aksi penanganan gempa. Melakukan perencanaan sesuai dengan rencana kontinjensi yang telah dibuat,” tuturnya.

Pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan BPBD terdampak, seperti di Kabupaten Nias Selatan, Kota Padang, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kota Pariaman, Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Sejumlah warga di beberapa wilayah tersebut merasakan guncangan dengan intensitas sedang hingga sangat kuat dengan durasi waktu berbeda. (dan)

Exit mobile version