Kunjungi Anak Penderita Lumpuh Layuh di Jambi, Mensos Salurkan Bantuan

mensos

Menteri Sosial Tri Rismaharini menemui Suci Herlianti Putri anak yang mengalami lumpuh layu di Kota Jambi. Foto: Dokumentasi Kemensos

INDOPOS.CO.ID – Menteri Sosial Tri Rismaharini menemui Suci Herlianti Putri (16) yang mengalami lumpuh layuh di Kota Jambi pada, Kamis (17/3/2022). Pertemuan itu dilakukan sebelum Risma bertolak ke Jakarta.

Saat ditemui, Suci hanya bisa berbaring di sebelah ibunya Amalia (48) yang juga tengah sakit akibat tersiram minyak panas.

Dari penjelasan keluarga, diketahui Suci lahir normal. Namun sejak usia 12 bulan, pertumbuhan gadis 16 tahun itu mengalami keterlambatan. Berdasar penjelasan dokter, Suci mengalami lemah otak motorik dan lumpuh layuh.

Penyakit Suci semakin parah pada 3 tahun terakhir. Gerakan tubuhnya semakin kaku bahkan lumpuh total, tidak bisa duduk. Pencernaannya terganggu dan tidak bisa makan.

“Kami akan membantu mendatangkan terapis. Tujuannya membantu adik Suci agar fungsi motoriknya membaik termasuk fungsi pencernaannya bisa dipulihkan,” kata Risma, Kamis (17/3/2022).

Terapis profesional tersebut tidak hanya untuk Suci tapi untuk ibunya, Amalia.

“Nanti terapis bisa datang lebih sering kemari. Untuk biaya akan ditanggung APBN,” imbuhnya.

Untuk menunjang mobilitas Suci, Kemensos akan menyiapkan kursi roda three in one. Alat itu memungkinkan
Suci bisa berbaring dan duduk bila memang kondisinya sudah lebih baik.

Risma meminta kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan di daerah agar menyampaikan secara terbuka bila ada anggota keluarga penyandang disabilitas.

Kementerian Sosial bisa membantu masyarakat pra-sejahtera, dalam keluarga mereka terdapat penyandang disabilitas melalui bantuan sosial.

“Jadi jangan disembunyikan. Pemerintah daerah bisa melakukan pencatatan nanti diajukan sebagai penerima bantuan baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),” tutur Risma.

Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan berupa uang tunai, kebutuhan dasar, tambahan nutrisi anak, kasur, seprei, pakaian, kain sarung, tabung oksigen, kursi roda 3 in 1 dan blender. (dan)

Exit mobile version