Menkominfo Minta Platform Digital Tingkatkan Produksi Dalam Negeri

Johnny G. Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate memberikan keterangan dalam jumpa pers: Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia 2022. Dok: Kominfo

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah mengambil langkah konkret untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri. Karenanya, Presiden Joko Widodo menegaskan keberpihakan pada produksi karya anak bangsa.

“Apabila ada yang bermain-main mengubah atau meng-kosmetik-kan produk-produk asing diberi label atau cap produk-produk dalam negeri, maka akan diambil langkah-langkah tegas secara khusus kepada marketplace,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam acara daring, Jumat (25/3/2022).

Ia mengingatkan pengelola platform digital memperhatikan, memberikan peluang promosi, serta melakukan aksi nyata dan afirmatif untuk memberikan dukungan atas produk-produk dalam negeri.

“Presiden Jokowi juga mengingatkan langkah afirmatif tidak di atas kertas saja. Namun, harus diimplementasikan dan dilaksanakan secara konkret,” ucapnya.

Hal itu akan dimonitor agar kementerian dan lembaga yang telah memberikan komitmen secara sungguh-sungguh melaksanakan aksi bersama.

“Dan jika tidak, Presiden Joko Widodo mengingatkan bukan tidak mungkin untuk melakukan re-shuffle,” imbuhnya menirukan suara Jokowi.

Menkominfo menyatakan pemerintah daerah akan juga diawasi komitmen dalam mengimplementasikan secara sungguh-sungguh dan serius.

“Jika tidak, maka langkah-langkah fiskal akan diambilmemastikan pemerintah daerah patuh dan taat atas komitmennya, termasuk pengendalian atas dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU),” tutur Johnny.(dan)

Exit mobile version