Perkuat Kerja Sama Penanggulangan Terorisme, Waspadai Perekrutan Teroris Melalui Ruang Siber

bnpt

BNPT menggelar "The 4th Joint Working Group (JWG) on Combating International Terrorism Philippines-Indonesia" secara hybrid di Jakarta. (BNPT)

INDOPOS.CO.ID – Indonesia dan Filipina memperkuat kerja sama penanggulangan terorisme. Kedua negara akan berbagi informasi intelejen terkait penanganan terorisme pada tingkat bilateral, regional dan internasional.

Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar mengingatkan agar tidak lengah dengan terorisme dalam situasi apapun, termasuk pada masa pandemi seperti saat ini.

Situasi pandemi mendorong negara-negara memperkuat perbatasan, sehingga serangan dan operasi teroris berkurang di sebagian besar wilayah di dunia. Namun, bukan berarti ancaman kelompok teroris terhenti.

“Pada masa pandemi, kelompok teroris menyebarkan propaganda, perekrutan, dan penggalangan dana melalui ruang cyber dan memiliki target audiens yang online,” kata Boy dalam keterangannya, Jumat (25/3/2022).

Pihaknya terus melakukan serangkaian langkah untuk mencegah ancaman terorisme. Narasi kontra radikalisasi terus dikembangkan melalui website, buku, majalah dan poster.

Deputi Bidang Kerjasama Internasional Andhika Chrisnayudhanto memastikan Indonesia terus memperkuat kerjasama penanggulangan terorisme dengan negara lain.

Caranya saling berbagi informasi intelijen terkait, perkembangan penanganan terorisme dan keterlibatan negara dalam memutus jaringan terorisme dunia pada tingkat bilateral, regional dan internasional. (dan)

Exit mobile version