PKK dan PKW Beri Kesempatan Anak Putus Sekolah Lanjutkan Pendidikan

pkk

Kegiatan belajar mengajar di sekolah. Foto: dok Indopos

INDOPOS.CO.ID – Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) merupakan opsi alternatif bagi generasi muda yang kesulitan untuk melanjutkan sekolah.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam acara daring, Selasa (29/3/2022). Menurut dia, anak-anak yang kesulitan sekolah tersebut disebabkan faktor ekonomi, sehingga mereka memilih bekerja atau berwirausaha.

“Kami apresiasi pelaksanaan program PKK dan PKW 2021 berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ia mendorong agar semakin banyak praktik baik kursus dan pelatihan yang diadaptasi dan dicangkokkan masyarakat. Sehingga model pendidikan nanti akan makin efektif dan maksimal sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dunia industri (DUDI).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto mengatakan, program PKK dan PKW berdampak signifikan dalam meningkatkan kualitas lulusan vokasi dan mengurangi jumlah pengangguran di masa depan.

“Kursus dan pelatihan PKK dan PKW lebih fleksibel dan memiliki waktu belajar yang cepat. Sangat efektif untuk mempersiapkan tenaga kerja atau calon-calon wirausaha,” ujarnya.

Oleh karena itu, dikatakan dia, bantuan pemerintah melalui program PKK dan PKW tahun ini tetap diberikan, agar upaya untuk mencetak tenaga-tenaga terampil vokasi tetap berjalan.

“Terlebih dengan kerja sama yang semakin kuat dengan dunia kerja serta sinergi antara industri dan pendidikan,” imbuhnya.

“Vokasi nantinya tidak hanya memenuhi keterampilan dasar sebagai tenaga kerja, namun juga memiliki keterampilan tambahan dan ahli di bidangnya,” imbuhnya.

Perlu diketahui, program PKK dan PKW secara teknis memberikan bantuan terutama kepada anak-anak Indonesia yang putus sekolah. Mereka memiliki untuk mendapatkan meningkatkan kompetensi dirinya dalam berbagai kursus dan pelatihan sesuai minat mereka. (nas)

Exit mobile version