Pandemi Covid-19 Terkendali, Luhut: Kasus Positif Turun 97 Persen

Menko Marves

Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangan soal perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

INDOPOS.CO.ID – Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, kondisi laju penularan Covid-19 di Indonesia cenderung membaik. Itu terbukti menurunnya kasus harian nasional kurang dari tiga bulan terakhir.

Penurunan tersebut terus terjadi sejak puncak kasus Covid-19 yang disebabkan akibat merebaknya varian B.1.1.529 atau Omicron pada Februari 2022.

“Kondisi dan situasi pandemi Covid-19 hingga saat ini dalam kondisi yang begitu membaik. Bila dilihat secara nasional, dalam waktu kurang tiga bulan kasus harian (positif) turun hingga 97 persen,” kata Luhut usai rapat terbatas evaluasi PPKM secara daring, Jakarta, Senin (4/4/2022).

Selain itu, kasus aktif turun hingga 83 persen dari puncak kasus sejak terhantam varian Omicron. Saat ini, kasus Covid-19 yang aktif tak sampai 100 ribu kasus.

Kondisi penanganan Covid-19 yang membaik ditunjukan tingkat rawat inap turun hingga 85 persen. Keterisian rumah sakit berada di angka 6 persen.

“Positivity rate hanya di angka 4 persen, di bawah standar WHO,” tutur Luhut.

Bahkan jumlah kasus kematian akibat Covid-19 menurun tajam hingga 88 persen dibandingkan saat terjadi gelombang ketiga badai virus Corona.

“Dari data-data (tersebut).Kami menarik kesimpulan bahwa kondisi varian Omicron Indonesia saat ini pada posisi yang terkendali,” ujarnya. (dan)

Exit mobile version