Pakar Virologi Imbau Masyarakat Tidak Panik dengan Varian XE

covid

Ilustrasi Virus Covid-19. Foto: dok Kemenkes

INDOPOS.CO.ID – Hingga saat ini belum ada virus rekombinan. Termasuk varian XE yang tengah viral diperbincangkan. Pernyataan tersebut diungkapkan Pakar Virologi I Gusti Ngurah Kadek Mahardika secara daring, Rabu (6/4/2022).

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan khawatir dengan varian XE. Bahkan dengan banyaknya temuan varian baru seperti Omicron memberi kekebalan alami kepada masyarakat.

“Masyarakat jangan panik dan khawatir dengan varian XE. Masyarakat mendapatkan antibodi alami dengan banyaknya varian yang cepat penularan dengan gejala ringan,” katanya.

Bahkan, dengan antibodi alami dari varian Omicron tersebut akan mencegah terinfeksinya seseorang dari varian turunan Omicron.

“Jadi seseorang yang sudah divaksinasi alami oleh varian Omicron tidak akan terinfeksi varian turunan Omicron,” ucapnya.

Sebelumnya, varian baru virus Covid-19 kembali ditemukan. Kali ini varian tersebut diberi nama XE, yang merupakan mutasi dari BA.1 (omicron asli) dengan BA.2 (omicron siluman). (nas)

Exit mobile version