Rapor Pendidikan: Pergeseran Paradigma Evaluasi Belajar Berfokus pada Kualitas

penidikan

Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar langsung melalui kanal Yaoutube Kemendikbud. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan program Rapor Pendidikan, untuk mengukur keberhasilan pendidikan di Indonesia.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Nasional Kemendikbudristek Anindito Aditomo mengatakan, data utama dalam rapor pendidikan adalah hasil belajar berfokus pada kompetensi literasi, numerasi, serta karakter peserta didik.

“Rapor pendidikan merupakan cara Kemendikbudristek untuk mendorong terjadinya pergeseran paradigma dalam evaluasi belajar ke arah kualitas proses dan hasil belajar,” kata Anindito dalam acara daring, Jakarta, Sabtu (16/4/2022).

Ia menyatakan, kompenen lainnya yang diukur dalam rapor pendidikan adalah iklim pembelajaran di sekolah, dimensi keamanan dan dimensi kebinekaan.

“Yang diperlukan oleh semua peserta didik adalah kemampuan dalam memahami bacaan, penyelesaian masalah untuk matematika sederhana, dan karakter yang ada di dalam profil pelajar Pancasila,” tutur Anindito.

Selain itu, ada banyak kelompok indikator lainnya tidak kalah penting dalam pembelajaran seperti terkait aktivitas belajar, pengelolaan sekolah, dan kompetensi guru.

“Rapor pendidikan ini adalah data sangat kaya. Jadi kepala sekolah dan kepala dinas betul-betul bisa mendapatkan potret sangat komprehensif tentang kondisi pendidikan di sekolah atau daerahnya,” ujar Anindito.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Fathur Rozi menyebut Rapor Pendidikan sangat membantu pemerintah daerah (Pemda) melakukan analisis, menyusun rencana dan menindaklanjuti meningkatkan kualitas pendidikan pada satuan pendidikan di setiap daerah.

“Rapor pendidikan ini sumber datanya diambil dari berbagai sumber yang sangat komprehensif seperti Dapodik dan Asesmen Nasional, sehingga Nasional, sehingga menurut saya ini sangat keren,” ucap Fathur. (dan)

Exit mobile version