Siapkan Digital Talenta, ICE Institute Bangun Program Microcredential Game Developer

ice

Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat dalam acara daring. Foto: Nasuha/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Semester ini (Februari hingga Juni 2022) di platform ICE Institute memiliki 23 universitas ternama di Indonesia sebagai penyedia kursus. Pernyataan tersebut diungkapkan Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat dalam acara daring, Selasa (19/4/2022).

Menurut dia, kursus yang ditawarkan dalam platform ICE Institute sebanyak 297 kursus dari konsorsium ICE Institute, dan 1.527 kursus EDX serta 60 kursus dari XuetangX. Sedangkan jumlah pesertanya telah mencapai 7.125 mahasiswa dari 96 perguruan tinggi di Indonesia.

“ICE Institute juga membuat program Microcredential Game Developer yang melibatkan dosen dari 10 universitas mitra konsorsium dan mentor dari dosen dan profesional dari asosiasi game Indonesia. Dan sudah ada 672 siswa yang mengikuti program ini,” katanya.

Ke depannya, ia berharap kerja sama antara ICE Institute dengan UNESCO-ICHEI, Instititut Teknologi Bandung (ITB), Politeknik Sahid, dan Lentera Nusantara semakin kuat dan bisa bmenyentuh daerah lain.

Lebih jauh ia mengungkapkan, kerjasama ICE Institute dengan ITB dan Lentera Indonesia lebih pada pengembangan program microcredensial Game developer. Program tersebut untuk menyiapkan digital talent Indonesia dalam mengembangkan gim local Indonesia sehingga berkembang di tingkat global.

Sementara, lanjut dia, kerjasama ICE Institute dengan Poltek Sahid yakni pada penyedia dan pengguna layanan pada platform ICE Institute, terutama dalam bentuk ketersediaan mata kuliah daring berkualitas di bidang kepariwisataan.

“Sebagai market place pembelajaran dalam jaringan, ICE Institute menyediakan mata kuliah berkualitas dari dalam dan luar negeri yang disajikan dalam situs icei.ac.ut,” terangnya.

Perlu diketahui, sepuluh perguruan tinggi yang dilibatkan pada Program Microcredential Game Developer di antaranya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas AMIKOM Yogjakarta, Universitas Telkom, Universitas Indonesia (UI), Universitas Pradita, Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Universitas Terbuka (UT). (nas)

Exit mobile version