Dorong Penggunaan Internet Hasilkan Ruang Kreatif dan Produktivitas

Cakap Digital

Tangkapan layar acara ngobrol bareng legislator bertajuk Menggali Kreativitas dan Produktivitas di Dunia Digital, Jakarta. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Perkembangan internet bisa menjadi peluang yang memberi ruang produktif. Terlebih tak ada batasan di ruang digital berkreasi dan berinovasi. Terkadang menjadi tempat untuk menunjukan ekspresi.

Anggota Komisi I DPR, R. Imron Amin mengingatkan pentingnya mengetahui kebebasan berekspresi di media sosial dengan batasan-batasan yang ada. Tidak diperkenankan melakukan ujaran mengandung kebencian dan permusuhan.

“Jari mu adalah harimau mu. Memang kita punya kebebasan berekspresi, tapi tetap diatur oleh UU ITE. Maka itu, kita harus bijaksana dan dewasa memanfaatkan teknologi dan komunikasi,” kata Imron dalam acara ngobrol bareng legislator bertajuk Menggali Kreativitas dan Produktivitas di Dunia Digital, Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Ia berpandangan, kebebasan bereskpresi itu tidak hanya memberikan suguhan informasi. Atau mengomentari suatu hal, tapi bisa digunakan mencari peluang mendatangkan keuntungan.

“Bisa kita pekenalkan wisata di tempat masing-masing. Bisa menanfaatkan teknologi untuk berbisnis online. Baik dalam negeri ataupun luar negeri,” imbuhnya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan menyadari, pengguna internet di Indonesia cukup banyak. Paling penting harus dibarengi kecakapan literasi digital.

Menurut laporan We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Tanah Air per Januari 2022. Jumlah itu naik tipis 1,03 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan pengguna teknologi digital ini perlu dibagi dengan kapasitas literasi digital, yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat,” ujar Semuel.

Ketua Koalisi Generasi Milenial Madura (Kogama), Chairul Umam menyatakan, korelasi antara kreativitas dengan produktivitas dalam segala hal. Termasuk memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

“Peningkatan produktivitas sangat ditentukan oleh kreativitas. Jika kita ingin produktivitas yang lebih, maka kita harus memiliki kreativitas yang tinggi,” imbuh Chairul.

Banyak informasi mengenai kegiatan obral obrol literasi digital dan Kegiatan lainnya, yang dapat dilihat melalui laman resminya info literasi digital atau memelalui media sosial @siberkreasi.(dan)

Exit mobile version