Perempuan Punya Peran Penting Dalam Pembangunan Berkelanjutan

webinar

Seminar daring dengan konsep ngobrol bareng legialator bertemakan ‘Perempuan dan Budaya Digital’. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Masa pandemi Covid-19 meningkatkan penggunaan internet. Berdasarkan data Survei Indeks Literasi Digital Nasional 2021, sebanyak 56,6 persen pengguna internet di Indonesia merupakan perempuan.

Presentase tersebut menunjukan, bahwa perempuan Indonesia telah mendapatkan akses ke teknologi dan sedang menjalani migrasi dan transformasi digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan, peran perempuan tidak bisa dianggap remeh, karena mereka turut berkontribusi terhadap pembangunan.

“Perempuan tak hanya membangun dirinya dan keluarganya, tapi juga membangun masyarakat dan negara,” kata Semuel dalam ngobrol bareng legislator bertajuk ‘Perempuan dan Budaya Digital,’ Jakarta, Senin (25/4/2022).

Peran perempuan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Serta memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan-keputusan strategis.

“Sebuah keluarga dan bangsa akan menjadi kuat dan berdaya, jika perempuan-perempuan yang ada di dalamnya juga kuat dan cerdas,” ucap Semuel.

Anggota Komisi I DPR, R. Imron Amin mendorong, perempuan cakap dalam menggunakan teknologi dan media digital. Bertanggung jawab di tingkat dasar, dan mahir. Tidak melupakan kelas literasi digital masyarakat inklusif.

“Perempuan turut bisa produktif di dunia digital semisalkan menjadi pengusaha online, influencer, YouTuber,” ujar Imron.

Influencer Erra Fazhira menekankan, perempuan modern harus kreatif dalam banyak hal termasuk persahabatan maupun cinta. Di sisi lain, dapat berkontribusi secara signifikan sesuai kapabilitas dan kemampuannya.

Seminar daring dengan konsep ngobrol bareng legislator dan kegiatan lainnya, dapat dilihat di laman resmi Literasi Digital atau media sosial @siberkreasi.

“Sebagai perempuan kita adalah kunci untuk pembangunan berkelanjutan dan kualitas hidup dalam keluarga, senantiasa berperan penting mengembangkan dan menjaga budaya,” imbuh Erra. (dan)

Exit mobile version