Hindari Puncak Arus Balik, Kemnaker: Opsi Bekerja dari Rumah Jadi Pilihan

Puncak Arus Balik

Pemudik melalui stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto: Dokumen INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengimbau agar pekerja/buruh yang mudik Lebaran untuk menghindari kembali ke Jakarta pada periode puncak arus balik.

Hal ini seperti imbauan Presiden Joko Widodo bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idul Fitri untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik.

“Pengusaha dan pekerja yang mudik lebaran agar berkoordinasi dan berkomunikasi sehingga dapat menghindari puncak arus balik,” kata Ida Fauziyah dalam keterangannya, Minggu (8/5/2022).

Menurut dia, pelaksanaannya harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja. Untuk mewujudkan hal itu, harus ada dialog antara pengusaha dan pekerja.

Salah satu substansi yang dapat didialogkan, lanjut dia, adalah melakukan pekerjaan secara remote atau sistem bekerja dari rumah (work from home/WFH). Sistem ini sudah pernah bersama-sama kita lakukan selama pandemi Covid-19.

“Sistem ini bisa diterapkan sementara waktu guna menghindari kepadatan puncak arus balik,” jelasnya.

“Untuk pelaksanaannya harus berdasarkan kesepakatan bersama dan memperhatikan ketentuan yang berlaku,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version