Jelang Libur Waisak, Penumpang KA Jarak Jauh Melonjak

Penumpang jasa Kereta Api Jarak Jauh

Penumpang jasa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari area Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan menjelang libur besar nasional, Waisak tahun 2022. (Daop 1 Jakarta)

INDOPOS.CO.ID – Volume keberangkatan pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari area Daop 1 Jakarta, kembali mengalami peningkatan dua kali lipat menjelang libur libur Waisak pada 16 Mei 2022.

Kepala Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengemukakan, pengguna kereta api jarak jauh secara total mencapai 31.200 orang pada, Jumat (13/5/2022). Jumlah itu lebih tinggi jika dibandingkan pada Kamis, (12/5/2022).

“Sekitar 13.000 pengguna berangkat dari Stasiun gambir atau 76 persen dari total tempat duduk yang tersedia. 15.500 pengguna berangkat dari Stasiun Pasar Senen,” kata dia, dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Terdapat layanan 35 KA beroperasi di Stasiun Gambir. Sementara di Stasiun Pasar Senen persentasenya sebanyak 72 persen dari total tempat duduk yang tersedia dengan layanan 29 KA beroperasi.

“(Pengguna) lainnya yang berangkat dari Stasiun Bekasi, Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” tutur Eva.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Solo, Kutoarjo, Kebumen, Semarang, Tegal, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Mengenai persyaratan lengkap perjalanan dengan KA yang berlaku sesuai dengan SE Kemenhub Nomor 49 Tahun 2022: Pertama, vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.

Kedua, vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam. Ketiga, vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam

Keempat, tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam

Kelima, pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Keenam, pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan. (dan)

Exit mobile version