Berikan Perlindungan Pekerja, Menaker: Balai K3 Harus Segera Direvitalisasi

menaker

Menetri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: Dokumen Kemnaker

INDOPOS.CO.ID – Revitalisasi Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Balai K3) harus segera mungkin dilakukan. Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangan, Rabu (18/5/2022).

Menurut Ida, revitalisasi dilakukan mengingat peran dari balai K3 sangat penting dalam upaya memberikan perlindungan, keselamatan dan kesehatan bagi para pekerja.

“Dalam perkembangannya, peran dari pengawas ketenagakerjaan (Wasnaker) memiliki tantangan lebih ke depannya, mengingat standarisasi pengawasan keselamatan dan kesehatan kerja terus mengalami modernisasi,” katanya.

Ida menjelaskan, saat ini Kemnaker terus berupaya melakukan revitalisasi balai K3. Upaya tersebut di antaranya: revitalisasi balai K3 secara komprehensif, revitalisasi peralatan uji K3 dan revitalisasi pengembangan laboratorium keselamatan kerja.

“Ini untuk mendukung penerapan K3, terutama pada kesiapan perangkat pendukung baik dari sisi sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana, serta peralatan,” terangnya.

“Revitalisasi balai K3 diharapkan terjadi percepatan promosi K3 secara meluas dan komprehensif,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version