Anies Baswedan Bicara Hikmah di Balik Perpindahan Formula E ke Ancol

Gubernur Anies

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: YouTube Anies Baswedan.

INDOPOS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, stadion Jakarta International Stadium (JIS)
berpeluang menjadi ikon baru Kota Jakarta, menyusul pelaksanaan Formula E yang digelar di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Milad Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ke-20 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5/2022). Selanjutnya diunggah loyalis Anies Baswedan, Geisz Chalifah melalui akun media sosial pribadinya.

“Ini (Formula E) disiarkan langsung lebih dari 170 negara. Menyiarkan langsung pertandingan itu. Kami ingin punya icon yang dunia tahu,” kata Anies dalam video yang diunggah akun Twitter @GeiszChalifah dilihat, Senin (30/5/2022).

Sedianya kegiatan mobil balap listrik tersebut berlangsung di Monumen Nasional (Monas), namun ada penolakan. Padahal pihak penyelenggara ingin menonjolkan Monas, agar masyarakat dunia mengetahui ikon Jakarta.

“Kenapa (awalnya kita) pingin di Monas. Supaya wajah Monas itu nanti menjadi icon dunia. Kalau lihat bangunan itu, ini Jakarta. Kalau lihat Jakarta, ini Monas. Itu cita-cita saya,” ucap Anies.

Ajang Formula E akhirnya dipindah ke kawasan Ancol, Jakarta. Alhasil ada hikmah di balik pemindahan lokasi gelaran bertaraf internasional tersebut.

“Eh ngga boleh, ya sudah, jadi pindah ke mana? ke Ancol. Subanallah apa yang terjadi? gambarnya latar belakangnya JIS,” ujar Anies.

Ia menambahkan, stadion yang dapat menampung hingga 82.000 penonton dan dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi itu bisa menjadi ikon Kota Jakarta.

“Jadi nanti kalau pertandingan background-nya JIS. Bukan kita yang meniatkan, digusur, digusur eh akhirnya kita di sini (Ancol),” cetus Anies.

“Ketika di sini, nanti yang jadi ikon Jakarta adalah JIS. Alhamdulilah. Padahal dulu rencananya adalah Monas. Ini adalah hikmah yang muncul kemudian,” tambahnya.

Balapan mobil listri Formlua E akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang.(dan)

Exit mobile version