Apresiasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 2022, Ini Catatan DPR kepada Pemerintah

haji

Jemaah haji berangkat ke Tanah Suci. Foto: Dokumen Kemenag

INDOPOS.CO.ID – Anggota Komisi VIII DPR RI Lora Achmad Fadil Muzzaki Syah mengapresiasi keberangkatan calon jamaah haji ke Tanah Suci hari ini. Kelompok terbang (Kloter) pertama jamaah haji, menurut dia, telah tiba di Tanah Suci pada 13.00 WIB atau 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Alhamdulillah, jamaah haji kloter pertama telah tiba di Tanah Suci dengan selamat dan disambut oleh duta besar kita di Arab Saudi,” ungkapnya, melalui gawai, Sabtu (4/6/2022).

Legislator dari Fraksi Partai NasDem ini berpesan kepada pemerintah agar tidak terjadi lagi penambahan biaya penyelenggaraan ibadah haji secara mendadak. Apalagi, menurut dia, kegiatan tersebut rutin dilakukan tahunan.

“Mungkin oke kita sudah 2 tahun tidak menyelenggarakan ibadah haji. Tapi kan kegiatan ini rutin tahunan, sehingga bisa diprediksi,” kata Lora Fadil sapaan Lora Achmad Fadil Muzzaki Syah.

“Kementerian Agama harus betul-betul belajar secara matang, sehingga tidak terjadi di penyelenggaraan ibadah haji tahun berikutnya,” imbuhnya.

Dengan penambahan biaya penyelenggaraan ibadah haji yang datang pada waktu-waktu akhir sangat menyandera Komisi VIII DPR RI. Untuk itu, Kemenag harus mengantisipasinya sejak awal.

“Kami bisa memahami, beruntung pemerintah dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sigap menutup kekurangan tersebut dan tidak membebani jamaah,” ujar Lora Fadil.

Ia menambahkan, batasan usia bagi calon jamaah haji merupakan keputusan dari Arab Saudi. Aturan tersebut, menurut dia, hanya ujicoba penyelenggaraan ibadah haji di masa pandemi.

“Kami meyakini kebijakan ini hanya sementara. Dan kami berharap pemerintah memperhatikan ini, karena jamaah Indonesia banyak yang jatuh usia 65 tahun,” tutur Lora Fadil.

“Kalau memang aturan ini belum berubah, presiden harus turun langsung minimal untuk menaikan batasan usia jamaah. Karena jamaah kita sekalipun usia 70 tahun kondisi fisik mereka sehat,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version