Soni Sumarsono: Tjahjo Kumolo Satu-Satunya Menteri Tak Punya Nomor Rekening

tjhajo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo. Foto: Dokumen Kementerian PANRB

INDOPOS.CO.ID – Meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengangetkan banyak pihak.

Tak terkecuali bagi Soni Sumarsono, mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) disaat Tjahjo Kumolo menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat itu.

Di mata Soni,Tjahjo adalah seorang politisi senior yang baik dan akrab dengan semua orang tanpa membedakan pangkat dan jabatan, termasuk bersahabat dengan semua awak media.

“Beliau itu orangnya low profile dan bersahabat dengan banyak orang tanpa membedakan pangat dan jabatan, termasuk dengan rekan rekan media saat saya dulu menjadi bawahan beliau di Kemendagri,” kenang Soni kepada indopos.co.id, Jumat (1/7/2022).

Soni yang mengaku pernah menjadi staf Tjahjo Kumolo selama 5 tahun saat Tjahjo menjadi Mendagri ini menceritakan, bahwa almarhum adalah orang bersih dan anti korupsi.

“Bila ada yang setor atau berusaha nyogok, langsung dilaporkan kepada KPK sebagai gratifikasi dalam instruksinya, seluruh staf harus bersih dari KKN,” cetus Soni yang juga mantan Plt Gubernur DKI Jakarta, Pj Gubernur Sulawesi Selatan dan Pj Gubernur Sulawesi Utara saat Tjahjo Kumolo menjadi Mendagri ini.

Soni mengungkapkan, Tjahjo Kumolo adalah seorang pejabat yang sangat loyal dengan Presiden Jokowi maupun Megawati.” Apapun perintah pak Jokowi dan ibu Mega, pasti ditaati dan dilaksanakan dengan baik,” terang Soni.

Menurut Soni, secara pribadi pak Tjahjo Kumolo merupakan satu-satunya Menteri yang tidak memiliki nomor rekening. “Hobby kuliner, dan sederhana, terbiasa makan di kuliner tradisional sekalipun kelas pinggir jalan,” kenang Soni yang kini menadi dosen di IPDN ini.

Ia menambahkan, secara politik, Tjahjo Kumolo adalah seorang Soekarnois dan politisi PDI Perjuangan yang punya komitmen dan integritas luar biasa dan sangat membanggakan.

“Saya sebagai pejabat eselon 1 terdekat pada masanya, merasa sangat kehilangan. Saya yakin demikian juga para pejabat yang pernah menjadi bawahannya. Bahkan, usai sebagai Dirjen Otda, saya dipanggil dan diangkat sebagai anggota Tim Independen Reformasi Birokrasi di Kementeruan PANRB oleb beliau untuk advisory. Semoga almarhum pak Tjahjo Kumolo diampuni dan diterima amal ibadahnya serta diberikan tempat yang terbaik di Sisi-Nya,” tukas Soni. (yas)

Exit mobile version