Serap Tenaga Kerja, Pemerintah Optimalkan Sistem Informasi Pasar Kerja Terintegrasi Industri

kemnaker

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi. Foto: Kemnaker untuk indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mengoptimalkan sistem informasi pasar kerja terintegrasi dengan data industri.

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal, Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangan, Sabtu (2/7/2022).

Optimalisasi tersebut, menurut dia, menghasilkan data yang dapat membantu menyiapkan tenaga kerja yang siap terserap industri. Salah satunya pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Melalui sistem informasi pasar kerja nasional ini, kita optimistis ke depan dapat memiliki forecasting demand tenaga kerja yang tepat, sehingga dapat mempersiapkan supply tenaga kerja lebih dini,” terangnya.

Ia menjelaskan, pascapandemi saat ini sektor ekonomi yang masih bisa ‘survive’ atau bertahan adalah sektor informal (industri UMKM). Kendati industri UMKM unit usaha terkecil, jika dikelola dengan baik bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruhi oleh produksi, di mana aktivitas produksi bisa dilihat sejauh mana suatu negara memilki kualitas SDM yang unggul, dan mampu menghasilkan nilai-nilai produktivitas yang tinggi.

“Dalam perkembangannya UMKM memiliki tantangan yang begitu kompleks, mulai dari tantangan dari sisi kualitas SDM, terkait permodalan, distribusi, hingga pada sisi informasi pemasaran,” bebernya. (nas)

Exit mobile version