PDIP Jalin Komunikasi Politik, Masinton: Seperti Pacaran Tidak Langsung Jadi

Rakernas PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberi sambutan dalam Rakernas II PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). Foto: Dokumen Humas DPP PDIP.

INDOPOS.CO.ID – Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menyatakan, partainya kini tengah membuka komunikasi dengan partai politik lainnya mengenai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Itu sesuai perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Perintah itu diberikan kepada Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani, Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi (Situation Room) PDIP, Prananda Prabowo, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

“Komunikasi politik PDIP kepada parpol parpol lainnya untuk penjajakan kerja sama, komunikasi. Itu Ibu Megawati menugaskan mba Puan Maharani, mas Prananda dan mas Hasto sebagai sekjen PDIP,” kata Masinton di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Ia tidak mengemukakan secara gamblang komunikasi politik yang tengah dibangun parpolnya. Mengingat tak melulu komunikasi itu harus dimunculkan ke publik.

“Tentu komunikasi itu berjalan antarparpol. Cuma komunikasi itu ada yang sifatnya tidak semua harus dipublish. Jadi kita tunggu saja hasil dari komunikasi-komunikasi DPP partai,” tutur Masinton.

Ia menyadari, penjajakan tidak secara serta merta langsung jadi memutuskan kerja sama. Banyak aspek tentunya harus pertimbangkan menyangkut kebangsaan.

“Kalau komunikasi kan nggak semuanya langsung jadi. Penjajakan sama kayak orang pacaran. Say (bilang) hello atau penjajakan sejauh mana,” ujar Masinton.

“Karena ini menyangkut aspek kebangsaan, bagaimana menyangkut aspek ideologi, platform dan kesamaan langgam gerak di lapangan. Seperti itu,” tambahnya.

Sejauh ini sudah terdapat sejumlah koalisi partai politik menghadapi Pemilu 2024. Seperti Koalisi Indonesia Bersatu yang dihimpun oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Teranyar Partai Gerindra sudah sepakat menjalin koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam menghadapi Pemilu 2024. Koalisi tersebut dinamakan Kebangkitan Indonesia Raya.

Mulanya, PKB membangun Koalisi Semut Merah dengan PKS dan Partai Demokrat. Namun kemudian, PKB mengaku telah berkoalisi dengan Gerindra.(dan)

Exit mobile version