Puncak Covid-19 Diprediksi Pertengahan Juli, Pakar Tekankan 3 Hal Ini

covid

Ilustrasi virus Corona. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Data terbaru pada 5 Juli 2022, tercatat ada 2 ribu kasus lebih menjangkit masyarakat. Angka itu paling tinggi ketimbang beberapa hari sebelumnya.

“Kita dikejutkan dengan adanya 2.577 kasus baru, setelah pada akhir pekan angka turun di bawah 2.000,” kata pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Ilmu Kedokteran (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama melalui gawai, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Sebagaimana kecenderungan selama ini, memang di akhir pekan angka seringkali turun atau rendah. Jika dibandingkan dengan 2 bulan sebelumnya atau tepatnya pada 5 Mei 2022 jumlah kasus baru 250 orang.

Artinya meningkat lebih dari 10 kali lipat. “Informasi di atas perlu membuat kita waspada dan berbuat lebih baik lagi, setidaknya dalam tiga hal, protokol kesehatan, test dan telusur serta imunisasi,” tutur Tjandra.

Mengenai protokol kesehatan, PPKM level dua sudah ditetapkan untuk Jakarta dan sekitarnya. Namun, ia menekankan pentingnya pemakaian masker di luar ruangan.

“Pemakaian masker luar ruangan sebaiknya juga dilakukan oleh mereka yang berisiko lebih mudah tertular dan sakit serta kalau berada dalam kerumunan/keadaan yang penularan lebih mudah terjadi,” ujarnya.

Termasuk peningkatan testing dan vaksinasi harus terus digenjot. Kementerian Kesehatan per 5 Juli 2022 menunjukkan cakupan vaksinasi dosis ke-3 (booster) barulah 24,58 persen.

“Testing jelas harus ditingkatkan, diikuti telusur yang massif. Vaksinasi jelas harus ditingkatkan upayanya, baik vaksinasi lengkap dan apalagi vaksinasi booster,” imbuhnya.

Presiden Joko Widodo memprediksikan bahwa puncak kasus Covid-19 di Indonesia akan terlihat antara minggu kedua atau ketiga bulan Juli 2022. Pada Senin (4/7), Jokowi mencatatkan kasus Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 1.614 pada 3 Juli 2022.

“Kita tahu kasus per 3 Juli kemarin ada sebanyak 1.614 kasus dan diprediksi puncak kasusnya akan berada di bulan Juli ini, di minggu kedua atau minggu ketiga,” ujar Jokowi saat Rapat Terbatas Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (4/7/2022). (dan)

Exit mobile version