Sayed Muhammad Mulyadi Pilihan Tepat untuk Jadi Menteri PANRB

Sayed Muhammad Muliady

Sayed Muhammad Muliady. Foto: Dokumen Pribadi

INDOPOS.CO.ID – Beredarnya nama-nama yang direkomendasikan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menggantikan almarhum Tjahjo Kumolo sebagai menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mendapat perhatian dari kalangan akademisi mengingat posisi yang kosong ini harus diisi oleh orang yang tepat.

Kepala Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univeritas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Usni Hasanudin, memberikan perhatian khusus pada kementerian agar diisi oleh sosok yang memang memiliki kemampuan dalam mengelola organisasi birokrasi.

Selain itu, ia menambahkan agar diisi oleh wajah baru agar tidak terjebak pada vigur dia lagi, dia lagi. Bahkan dengan wajah baru dan diisi oleh sosok yang muda dan energik akan memberikan daya kerja sehingga mampu menuntaskan secara cepat program yang belum diselesaikan.

“Melihat sosok yang beredar, Sayed Muhammad Mulyadi harus menjadi pertimbangan utama baik di kalangan internal PDIP maupun Presiden Joko Widodo,” kata Usni kepada INDOPOS.CO.ID, Sabtu (9/7/2022).

“Energik dan syarat dengan pengalaman mengelola organisasi sebesar KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dan FKPPI (Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan), kemudian dengan Sarjana Hukum sebagai latar pendidikan, Sayed sangat tepat untuk meningkatkan profesionalitas aparatur birokrasi sekaligus akan mampu menciptakan good governance maupun clean governance,” tambahnya.

Perpaduan muda, syarat kemampuan mengelola organisasi kepemudaan dan dengan hukum sebagai latar pendidikan, belum lagi sosok yang sempat menjadi Anggota DPR di Komisi III tentu tidak canggung lagi bagi Sayed untuk iklim birokrasi yang memang berdasarkan pada hukum,” jelas Usni.

Sekadar diketahui, Sayed Muhammad Muliady adalah mantan anggota DPR RI Komisi III. Ia juga pernah menjadi Tim Pengacara Calon Presiden Joko Widodo di Mahkamah Konstituis pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dan 2019.

Putra Aceh ini masuk bursa calon Menteri PANRB usulan kader PDIP. Nama pria kelahiran Langsa pada 3 April 1974 itu bersaing dengan lima nama calon lainnya yang kabarnya sudah diusulkan oleh kader PDIP kepada Ketua Umumm PDIP Megawati Soekarno Putri. (rmn)

Exit mobile version