Tegur Mendag Zulhas, Jokowi Minta Semua Menteri Fokus Kerja

zul

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Foto: YouTube Sekretariat Kabinet

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo meminta menterinya untuk fokus bekerja. Pernyataan tersebut seraya menanggapi pertanyaan awak media soal anak buahnya yang berkampanye.

Belum lama ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) terekam kamera bagi-bagi minyak goreng gratis, sekaligus mempromosikan sang putri, Futri Zulya Savitri untuk maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting, seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng,” kata Jokowi dalam laman resmi Setkab usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa (12/07/2022).

Jokowi menginginkan, harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya. Mengingat permasalahan melonjaknya harga minyak goreng belum terkendali.

“Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium,” tuturnya.

Dari sejumlah pasar yang ia kunjungi harganya memang sudah berada di kisaran harga tersebut.

“Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan,” ujarnya.

Ia menekankan para menteri, utamanya yang mengurusi bidang energi dan pangan, agar bisa fokus menangani dua hal tersebut. Saat ini situasi dunia sedang terdisrupsi di dua bidang tersebut.

“Semuanya harus fokus bekerja utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan, ini penting,” imbuhnya.

Video kampanye itu terekam dan tersebar di media sosial Twitter. Zulhas hadir pada acara PAN-Sar dalam kunjungan kerjanya sebagai Mendag di Provinsi Lampung. Ia terlihat turut di dampingi sejumlah kader partai bersama sang putri sulungnya, Futri. (dan)

Exit mobile version