Rencana Pertemuan Puan-AHY, Pengamat: Bisa Membalikkan Prasangka

Puan-Maharani

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani memberikan keterangan di Rakernas II PDI Perjuangan, Selasa (21/6/2022). Foto: Dokumentasi PDIP

INDOPOS.CO.ID – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah berpandangan wacana pertemuan PDIP dengan Partai Demokrat bisa mengerek elektabilitas Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani. Sekaligus lebih dikenal ketokohannya.

Wacana pertemuan dua parpol itu mengemukaka menyusul rencana Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang bakal melakukan silaturahmi ke ketum-ketum parpol, tidak terkecuali Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Bisa saja berdampak elektoral, dengan lawatan itu Puan akan lebih dikenali, baik dari sisi ketokohannya dan kepemimpinannya,” kata Dedi melalui gawai, Jakarta, Jumat (15/7/2022).

Anggapan masyarakat konstelasi politik PDIP dengan Demokrat kurang baik sejak beberapa tahun terakhir. Hal itu dikaitkan dengan hubungan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Melalui rencana lawatan tersebut, Puan dapat mengembalikan hubungan kedua partai lebih harmonis dan membalikkan anggapan yang kurang baik.

“Terlebih Puan akan menemui tokoh yang selama dianggap kontra, dengan itu Puan bisa membalikkan prasangka, ujar Dedi.

Ia berpandangan, sosok Puan sangat ciamik dalam membangun komunikasi dengan seluruh partai.

“Bahwa dalam politik Puan adalah tokoh yang cukup piawai, terlebih memang Puan sebagai politisi masuk jajaran senior, bahkan alami dinamika politik sejak orde baru,” tutur Dedi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Bambang Wuryanto menyatakan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri menginstruksikan Puan Maharani bersilaturahmi ke sejumlah ketua umum parpol, tanpa terkecuali.

Megawati tidak secara spesifik meminta Puan menemui semua ketua umum, namun permintaan tersebut dapat diartikan bahwa tanpa ada ketum parpol tertentu yang dikecualikan.

“Secara perintahnya temui ketua partai, tidak ada kata semua. Temui semua ketua-ketua partai, bersilaturahmi dengan ketua-ketua partai. Kalau ketua partai tentu ke semua berarti, ibu nggak menyebut spesifik begitu,” kata Bambang, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

Sehingga ada peluang Puan selaku Ketua DPP PDI Perjuangan untuk mengunjungi Ahmad Syaiku dan Agus Harimurti Yudhoyono yang masing-masing dari mereka merupakan Presiden PKS dan Ketum Demokrat. (dan)

Exit mobile version