IOI Jadi Ajang Aktualisasi Kompetensi Antargenerasi Muda di Bidang Informatika

Tari-angguk

Tari angguk menyambut International Olympiad in Informatics (IOI). Foto: Kemendikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggara International Olympiad in Informatics (IOI). Event ke-34 tersebut menjadi ajang kompetisi internasional bergengsi di bidang informatika tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Ajang ini menjadi kesempatan bagi generasi berbakat Indonesia, untuk mengasah kompetensi dan mengaktualisasikan dirinya secara lebih luas,” ujar Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Asep Sukmayadi dalam keterangan, Senin (8/8/2022).

Menurut dia, kegiatan IOI melahirkan gagasan dalam menggunakan kemampuannya.

“Kita ingin menciptakan pemimpin muda yang menjadi inspirasi bagi kaumnya agar talenta ini tidak padam di tengah jalan. Kompetisi ini adalah dorongan dan medan aktualisasi diri bagi mereka,” terangnya.

Pemerintah menggandeng Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) dan alumni IOI Indonesia dalam menyiapkan acara tersebut, karena menjadi kesempatan bagi putra putri bertalenta Indonesia.

“Kita juga undang sekretariat IOI pusat untuk melihat kesiapan kita menyelenggarakan IOI ini,” bebernya.

Terkait teknis rekrutmen para peserta olimpiade, Inggriani Liem selaku Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) menjelaskan, bahwa pelatihan menuju IOI sudah dimulai ketika peserta didik duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Talenta belia pada jenjang tersebut dibidik dan diikutsertakan dalam berbagai kompetisi berskala lokal hingga nasional sampai jenjang SMA.

“Pembinaan lebih intens mulai dilakukan selama dua tahun ketika para juara tingkat kabupaten/kota ini ada di SMA. Dalam proses pembinaan, setiap tahunnya materi kurikulum untuk mereka terus meningkat,” ujarnya.

“Tak heran jika perolehan medali tim Indonesia setiap tahunnya juga terus meningkat,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version