Dirgahayu ke-77 RI, AHY: Momentum Merawat Persatuan, Demokrasi dan Kebangkitan Ekonomi

AHY-dan-Istri

Ketum Partai Demokrat AHY saat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Foto: Partai Demokrat for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memaknai peringatan 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sebagai momentum untuk merawat persatuan, demokrasi, dan kebangkitan ekonomi.

“Indonesia adalah negara besar. Negara ini bukan lahir dari pemberian kolonial. Negara ini dibangun di atas pemikiran-pemikiran besar dan langkah-langkah besar,” ujar AHY mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi secara virtual, Rabu (17/8/2022).

Ia menuturkan, Indonesia telah melalui sejarah panjang. Meski diguncang oleh berbagai macam pergolakan hingga benturan ideologi, baik yang kanan maupun kiri, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

“Indonesia tetap tak tergoyahkan. Indonesia lahir dan tetap mampu berdiri tegak karena komitmen kita untuk merawat persatuan bangsa,” kata alumni Kennedy School of Government, Harvard University ini.

Untuk itu, lanjut AHY, peringatan 77 tahun kemerdekaan harus menjadi momentum bangsa untuk kembali meneguhkan komitmen merawat persatuan bangsa. “Komitmen persatuan perlu kita wujudkan dalam ikhtiar dengan terus mengokohkan persatuan, melawan pandemi, merawat demokrasi, dan mengoptimalkan momentum kebangkitan ekonomi”, ungkapnya.

Dikatakan dia, setiap peringatan Kemerdekaan Indonesia harus menjadi momentum bagi bangsa untuk mensyukuri apa yang telah dicapai dan diwujudkan. Meneguhkan komitmen perjuangan dan pengabdian untuk mewujudkan Indonesia yang semakin aman dan damai, semakin adil dan sejahtera, serta semakin maju dan mendunia.

“Itulah visi besar kebangsaan kita. Perbedaan tidak menjadi halangan bagi kita untuk mewujudkan visi besar ini. Kita harus bersatu,” katanya.

“Dengan persatuan, energi kita akan dilipatgandakan, untuk mewujudkan cita-cita besar bangsa,” imbuhnya.(nas)

Exit mobile version