HUT Ke-77 RI, Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton

jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Foto: Twitter/@jokowi

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Ia bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka Jakarta.

“Hari ini, 17 Agustus 2022, saya menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI dengan baju Dolomani,” kata Jokowi dalam akun Twitter miliknya @jokowi, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat telah dimulai pada Rabu (17/8/2022), pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara HUT ke-77 RI itu dimulai dengan peniupan terompet pertama dan akan dilanjutkan dengan peniupan terompet terompet kedua empat menit kemudian.

Pada pukul 10.00, peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja akan dibunyikan selama 1 menit.

Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti bertugas membacakan naskah proklamasi. Sedangkan Menag Yaqut Cholil Qoumas bakal membacakan doa.

Upacara pengibaran bendera merah putih akan dimulai pada pukul 10.11 WIB. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dijadwalkan memasuki lapangan upacara

Pukul 10.21 WIB akan dilakukan pengibaran bendera sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan dipimpin Komandan Upacara.

Acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU. Setelah itu, prosesi upacara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara. Jokowi dan Ma’ruf Amin akan meninggalkan tempat upacara tepat pukul 11.00 WIB. (dan)

Exit mobile version