Jika Mengalami Gejala Cacar Monyet Periksa Segera ke Dokter

Gejala-Cacar-Monyet

Ilustrasi penyakit campak. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, dr Hanny Nilasari, mengingatkan masyarakat untuk memeriksakan diri jika mengalami gejala penyakit cacar monyet. Seperti menunjukan demam dan ruam di beberapa bagian tubuh.

Meski sudah ada kelonggaran kegiatan di berbagai tempat, namun masyarakat tetap perlu mempertahankan protokol kesehatan secara ketat, serta lebih aktif menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Bagi yang merasa bergejala (cacar monyet) dapat segera berobat menemui dokter terdekat,” kata dr Hanny dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (20/8/2022).

Ketua Umum PB IDI, dr M. Adib Khumaidi mengatakan, PB IDI terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat, serta IDI Wilayah dan IDI Cabang mengenai kewaspadaan penyakit tersebut

“Kami meminta tim medis dan tenaga kesehatan tetap waspada. Segera melaporkan pada Dinas Kesehatan setempat apabila ditemukan pasien dengan gejala mirip Cacar Monyet, supaya bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti,” ucap dr Adib.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengumumkan, kasus konfirmasi monkeypox atau cacar monyet di Indonesia. Itu berdasar hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) menunjukan positif pada, Jumat (19/8/2022).

“Hari ini, ada yang satu terkonfirmasi (cacara monyet) dari DKI Jakarta. Laki-laki berusia 27 tahun berdasarkan laporan pemeriksaan PCR tadi malam,” kata Mohammad Syahril dalam jumpa pers virtual, Jakarta, Sabtu (20/8/2022

Pasien pertama kasus cacar monyet itu memiliki riwayat perjalanan luar negeri. “Pasien laki-laki, memang habis bepergian dari luar negeri,” ungkapnya.(dan)

Exit mobile version