HPKI 2022, Menko Polhukam: Junjung Tinggi Martabat Korban Terorisme

Menkopolhukam

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar (kiri) dan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo (kanan), dalam acara Hari Peringatan dan Penghormatan Internasional untuk Para Korban Terorisme atau International Day of Remembrance of and Tribute to the Victims of Terrorism bertajuk urviving Terrorism: The Power of Memories' di Jakarta, Minggu (21/8). Foto: BNPT untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengatakan, hari peringatan korban terorisme merupakan momentum penting dalam mengenang dan menjunjung tinggi martabat korban terorisme.

Selain itu juga, menurut dia, untuk menunjukan solidaritas global.

“Peringatan ini agar para korban tidak terlupakan dan terpenuhi hak-haknya sesuai Undang-undang (UU) Nomor 5/2018 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35/2020,” ujar Mahfud MD dalam keterangannya, Minggu (21/8/2022).

Menurut dia, negara telah mengamanatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada para korban terorisme. Hal itu sebagai wujud kehadiran dan kepedulian negara terhadap para korban terorisme.

“Kami berharap dengan adanya PP Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme Tahun 2020-2024 (RAN PE), BNPT dan LPSK beserta kementerian dan lembaga terkait dapat selalu memberikan dukungan dan bantuan kepada korban terorisme secara optimal sesuai UU,” katanya.

Sebelumnya, BNPT bekerja sama dengan LPSK dan dan The United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menyelenggarakan Hari Peringatan dan Penghormatan Internasional untuk Para Korban Terorisme atau International Day of Remembrance of and Tribute to the Victims of Terrorism bertajuk urviving Terrorism: The Power of Memories’ di Jakarta (21/8/2022).

Terselenggaranya Hari Peringatan Korban Internasional (HPKI) ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara dalam melindungi dan mendukung penyintas (korban) tindak pidana terorisme.(nas)

Exit mobile version