Kembangkan Potensi Desa Lewat Teknologi Digital

literasi

Pelatihan literasi digital. Foto: Kementerian Kominfo for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bambang Tri Santoso mengatakan, mahasiswa harus mendampingi masyarakat dalam pengembangan potensi. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi digital.

“Dengan adanya percepatan transformasi digital, maka yang perlu diketahui adalah bagaimana utilisasinya kepada masyarakat,” ujar Bambang Tri Santoso dalam keterangan, Senin (22/8/2022).

Salah satunya, menurut dia, dengan menggunakan internet secara baik dan benar, kreatif dan produktif. Sehingga membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Peran mahasiswa, masih ujar dia, harus mengingatkan masyarakat bahwa internet memiliki sisi positif dan negatif. Sehingga perlu dimanfaatkan secara bijak. “Pemanfaatan internet harus bijak, karena ada sisi negatif dan positif,” katanya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nahdatul Ulama (UNU) M. Yakub mengatakan, banyak masyarakat di desa menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Untuk itu penting untuk memanfaatkan teknologi. Salah satu praktik bertransaksi melalui platform digital.

“Pemanfaatan media sosial bisa membantu untuk mengekspos potensi desa. Memanfaatkan sosial media sangat penting dalam mempromosikan potensi desa,” katanya.

Sebelumnya Kementerian Kominfo bersama UNU melakukan literasi digital kepada masyarakat. Kegiatan dilakukan secara bertahap. Salah satunya menyasar masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB). Program tersebut untuk mengedukasi masyarakat terkait pengetahuan dasar tentang teknologi digital, melalui sektor pendidikan.

Program tersebut juga untuk mendukung tercapainya target kumulatif sebesar 50 juta orang memperoleh literasi di bidang digital pada 2024 nanti. (nas)

Exit mobile version