Dukung Pendidikan di Wilayah 3T, Kominfo Berikan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru

Pelatihan-literasi-digital

Pelatihan literasi digital (Kominfo for indopos.co.id)

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusdatin KemendikbudRistek) menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi guru di wilayah 3T.

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi guru TIK di bidang digital guna menunjang layanan pendidikan di wilayah Tertinggal,Terdepan, dan Terluar (3T),” ujar Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Pemerintah BAKTI Kominfo Latifa Hanum, Kamis (1/9/2022).

Ia menyebut, sejak 2015-2022, BAKTI Kominfo telah membangun sebanyak 15.878 titik lokasi layanan internet se-Indonesia dengan 394 di antaranya terdapat di Provinsi Kepulauan Riau. Selain itu, terdapat usulan pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pada 2023 untuk provinsi Kepulauan Riau sebanyak 439 titik.

“Fokus kami difokuskan di pusat-pusat layanan publik, seperti sekolah, puskesmas dan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang krusial dalam mengoperasionalisasikan. Hingga bisa direkrut menjadi teknisi sebagai output yang diharapkan ketika infrastruktur dan akses internet telah diberikan

“Pentingnya utilisasi infrastruktur agar dapat memberikan manfaat bagi, guru dan siswa,” katanya.

Sementara itu, Arief Darmawan selaku perwakilan dari Pusdatin, KemendikbudRistek mengatakan peningkatan motivasi para guru sangat penting, agar dapat meningkatkan kompetensi. Ia mengapresiasi motivasi,kontribusi,dan pengabdian dari para guru yang berkenan untuk mengajar di daerah-daerah 3T dan yang bertugas di Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Kegiatan ini untuk Meningkatkan kompetensi Guru di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal),” ungkapnya.
(nas)

Exit mobile version