AHY: Azyumardi Azra Tokoh Cendikiawan Muslim Indonesia Melegenda

Almarhum-Azyumardi-Azra 

Ketua Dewan Pers Prof  Azyumardi Azra. Foto: Instagram/@prof.azyumardi

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan, sosok Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra telah meninggalkan legacy atau warisan yang bernilai tinggi bagi bangsa Indonesia. Mengingat lahir dari intelektual Muslim.

“Tokoh cendikiawan muslim Indonesia yang begitu melegenda almarhum Pak Azyumardi Azra tentunya telah meninggalkan banyak sekali legacy. Terutama pemikiran ide-ide besar yang selalu menyejukkan,” kata AHY usai pemakaman Azyumardi di Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

Ia mengenang almarhum sebagai tokoh pers Indonesia, tulisan-tulisannya selalu berkelas dunia. Dari kacamata Prof Azyumardi demokrasi Indonesia dapat menjadi teladan bagi sistem pemerintahan negara lain di dunia.

“Waktu saya kuliah sering membaca tulisan beliau bagaimana demokrasi Islam dan Indonesia, bisa menjadi roll model bagi negara demokrasi lainnya di dunia,” ucap AHY.

“Terutama yang kita tahu sangat beragam, seperti Indonesia ini dan tentunya nilai-nilai keislaman sangat kompetibel dengan demokrasi yang baik dan bermartabat,” tambahnya.

Tak lupa ia mendoakan almarhum semoa amalan ibadahnya diterima Allah SWT dan mendapat tempat terbain di sisi-Nya. Serta keluarga dapat diberikan ketabahan.

“Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadah kebaikannya dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran ketabahan, kelapangan jiwa semoga bisa melewati masa sulit ini,” imbuhnya.

Pemakaman Ketua Dewan Pers sekaligis Guru Besar UIN Jakarta Prof. Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, telah selesai dengan khidmat dilakukan pagi tadi pukul 09.20 WIB.

Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Kedah, Selangor Malaysia, Minggu (18/9/2022) kemarin pukul 12.30 waktu setempat.

“Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Ketua Dewan Pers dan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Prof. Dr. Azyumardi Azra di Rumah Sakit Kedah, Selangor Malaysia hari Minggu 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat,” ungkap Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya.(dan)

Exit mobile version