Tantangan Ketenagakerjaan Harus Direspon Dengan Cepat

sanusi

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi. (Kemenaker for INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengungkapkan, berbagai tantangan ketenagakerjaan yang ada saat ini harus dapat direspon dengan secepat-cepatnya.

“Kita ada di dalam titik waktu dimana saat ini ada transformasi yang sangat masif penggunaan teknologi pada setiap bagian pekerjaan,” ujar Sekjen Anwar Sanusi dalam keterangan, Selasa (20/9/2022).

Ia mengatakan, semakin meningkatnya otomatisasi saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia ketenagakerjaan. Dan tentu ini harus disikapi dengan memaksimalkan potensi diri.

“Munculnya jenis pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya, mengakibatkan menurunnya kebutuhan akan jenis pekerjaan tertentu,” ungkapnya.

Ia menyebut, guna mengatasi masalah penempatan tenaga kerja, Kemnaker mulai menyusun kembali strategi agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, baik dalam maupun luar negeri yang menuntut adanya penyesuaian sistem penempatan tenaga kerja.

Salah satu tantangan bidang penempatan kerja, masih ujar Anwar, adalah tingginya angka pengangguran terdidik. “Bahkan, pengangguran dengan pendidikan tinggi terus bertambah. Hal ini menjadi suatu tantangan bagaimana merespon masyarakat dengan tingkat pendidikan tinggi mempunyai akses untuk mendapatkan lapangan kerja,” tegasnya. (nas)

Exit mobile version