Dua Misi Shokaido dalam Kejurnas 2022

Dua Misi Shokaido dalam Kejurnas 2022 - shokaido - www.indopos.co.id

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (dua kiri), mendapat penghargaan Sabuk DAN VI dari Perguruan Shokaido. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Perguruan Karate Shokaido (Shotokan Kandaga Indonesia) resmi menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang berlangsung di GOR Komplek Kostrad, Cilodong, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat pada 24-25 September 2022.

Kejuaraan karate yang memperebutkan Piala Ketua MPR RI itu dibuka langsung oleh Bambang Soesatyo. Tentu saja, ada dua misi besar yang akan dikejar oleh Shokaido dalam Kejurnas di tahun ini.

Misi terdekat ialah sebagai ajang seleksi bagi atletnya untuk berpartisipasi mengikuti Kejuaraan Nasional Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, 5-8 Oktober mendatang.

Dan misi kedua, yakni melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, yakni berpartisipasi di kejuaraan internasional bertajuk Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF) di Tokyo, tahun depan.

“Untuk ikut kejurnas FORKI di Padang, tentu kita akan ambil para juara 1. Namun kita akan teliti lagi untuk meraih peluang mendapat medali,” ujar Ketua Pelaksana Kejurnas Shokaido 2022, Rocky Pesik di Markas Kostrad, Cilodong, Kota Depok, Sabtu (24/9/2022).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat memberikan keterangan kepada wartawan usai pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shokaido, di GOR Komplek Kostrad, Cilodong, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat pada 24-25 September 2022. Foto: Istimewa

Setelah Padang, kami memiliki target untuk mengikuti kejuaraan dunia Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF) di Tokyo. Terakhir kami mengirimkan atlet di SKIF pada 2018 sebanyak 15 orang di Ceko dan kami meraih dua medali emas, satu perunggu.”

“Harapan kami dengan ikut di kejuaraan dunia di Tokyo nanti minimal kita bisa mempertahankan jumlah medali dan kalau bisa kami tingkatkan lebih dari dua emas,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo turut memompa motivasi kepada seluruh atlet yang bertanding. Menurut dia, menang atau kalah itu biasa. Namun, terpenting bagaimana kesemua atlet mampu menjaga semangatnya selepas berakhirnya Kejurnas Shokaido 2022.

“Menang/kalah bukan utama. Kalian harus tetap bangga karena telah berada disini. Kalian sebagai karatedo seperti merebus air. Harus terus dipanaskan. Jangan sampai dingin, karena tidak akan ada gunanya kalau sudah dingin. Selamat bertanding, kita bangga melihat anak-anak kita terus semangat,” jelas Bambang Soesatyo yang turut mendapat penghargaan Sabuk DAN VI dari Perguruan Shokaido.

Sebagaimana diketahui, Kejurnas Shokaido kembali digelar di tahun ini. Sebelumnya, kejurnas sempat vakum akibat pandemi Covid-19. Terakhir Kejurnas bergulir pada 2018. Kejurnas 2022 diikuti oleh 900 peserta dari 16 provinsi di Indonesia dengan mempertandingkan kategori kata (seni) dan kumite (tarung). (rmn)

Exit mobile version