Prabowo Menang Satu Putaran bila Lawan Puan dan Airlangga

Infografis

Infografis hasil survei SMRC. Sumber: SMRC

INDOPOS.CO.ID – Prabowo Subianto menang satu putaran bila melawan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto. Kesimpulan ini muncul dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Anies Bisa Mengalahkan Prabowo?” melalui keterangan tertulis yang diterima INDOPOS.CO.ID, Senin (24/10/2022).

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menunjukkan dalam simulasi tiga nama di mana yang bertarung hanya diikuti oleh pimpinan partai, Prabowo mendapatkan dukungan 54,9 persen, jauh mengungguli Puan yang didukung 10,6 persen dan Airlangga 8,8 persen suara.

“Jika pemilihan presiden diadakan sekarang dan hanya diikuti oleh pimpinan tiga partai terbesar, Prabowo akan menang dalam satu putaran,” jelas Deni.

Lebih jauh Deni menjelaskan yang bisa jadi calon presiden adalah mereka yang diusung oleh partai politik. Sementara ada kecenderungan di kalangan partai politik terbesar seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk mengusung pimpinan mereka sebagai calon presiden. Maka mengamati elektabilitas pimpinan-pimpinan partai menjadi penting.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 3-9 Oktober 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1027 atau 84 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ±3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).(dam)

Exit mobile version