Ada Tiga King Maker Tentukan Calon di 2024, Ini Kata PDI Perjuangan

Ada Tiga King Maker Tentukan Calon di 2024, Ini Kata PDI Perjuangan - atribuit pdip - www.indopos.co.id

Ilustrasi atribut PDIP (dok INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Hingga saat ini ada tiga king maker yang memiliki peran kuat pada penentuan calon presiden (Capres) di 2024 mendatang.

Salah satunya Surya Paloh yang sebelumnya telah mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) untuk 2024 nanti.

Dan dua king maker lainnya, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sampai saat ini kedua king maker yang berada di satu partai politik (Parpol) tersebut belum menetapkan Capres 2024.

“Kami di dalam kepartaian tidak pernah ada raja (king), itu publik yang menyebutnya,” ujar Politisi PDI Perjuangan Nusyirwan Soejono secara daring, Sabtu (29/10/2022).

Menurut dia, Ketum Megawati Soekarnoputri menjadi pemimpin PDI Perjuangan. Dan pengaruhnya ke dalam partai tak diragukan lagi, khususnya kepada petugas partai.

“Pak Jokowi sebagai kader partai sudah mengetahui posisinya,” ucapnya.

“Dan Pak Jokowi sudah mengetahui bagaimana bersikap,” imbuhnya.

Menurut dia, publik memiliki kriteria atau ukuran untuk seseorang menyandang king maker. Namun di kepartaian, sosok Megawati adalah Ketua Umum partai

“Secara struktural, beliau Ibu Megawati tidak pernah menganggap dirinya sebagai raja (king maker),” ungkapnya.

“Kami meyakini, masyarakat tidak pernah mempertanyakan hubungan Megawati Soekarnoputri dan Jokowi. Karena sebagai kader Pak Jokowi memahami posisinya, bagaimana bersikap,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version