Dua Napi Terorisme di Lapas Kelas 1 Tangerang Ikrar Setia NKRI

Dua Napi Terorisme di Lapas Kelas 1 Tangerang Ikrar Setia NKRI - napiter ikrar nkri - www.indopos.co.id

Dua narapidana tindak pidana terorisme di Lapas Kelas I Tangerang menyatakan Ikrar Setianya kepada NKRI pada Rabu (23/11/2022). Foto: Sumber Ginting/indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Dua narapidana tindak pidana terorisme di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang menyatakan Ikrar Setianya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Rabu (23/11/2022).

Ikrar Setia kepada NKRI itu diucapkan warga binaan bernama Agus Alwi Bin Hj.Amirulloh dan Nirwansyah Bin Aspia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Direktur Binapi Latkerpro Ditjen Pemasyarakatan, Abdul Aries, Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Asep Sutandar, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Dan Teknologi Informasi Kemenkumham Banten.

Selain itu, Perwakilan dari BNPT, Perwakilan Densus 88 AT Polri, Kepala Bapas Kelas I Tangerang serta Perwakilan Kementerian Agama Kota Tangerang.

Plt. Direktur Binapi Latkerpro Ditjen Pemasyarakatan, Abdul Aries, mengapresiasi Lapas Kelas I Tangerang atas kegiatan ini.

“Prestasi ini tentunya tidak hanya sebagai buah dari kerja keras jajaran Lapas Kelas I Tangerang saja, tetapi juga atas sinergisitas dan kolaborasi yang dilakukan dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Densus 88 Anti Teror Kepolisian Republik Indonesia, Balai Pemasyarakatan juga masyarakat,” kata Abdul Aris.

Menurutnya, Ikrar setia NKRI dua narapidana terorisme itu tidak serta merta didapat begitu saja,

Namun, adanya Ikrar tersebut telah melalui sebuah proses yang panjang.

“Mulai dari assessment, pemantauan yang terus menerus, komunikasi yang terus menerus sehingga narapidana tersebut dengan kesadarannya mau berikrar,” ucap Abdul Aris.

Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Asep Sutandar mengatakan Ikrar NKRI bertujuan sebagai bentuk implementasi dari bentuk program deradikalisasi Lapas Kelas I Tangerang dimana yang bersangkutan secara aktif mengikuti kegiatan pembinaan yang diselenggarakan dan bersikap koperatif pada saat adanya kunjungan dari densus 88 untuk mengetahui kondisi psikologis selama menjalani pidana.

Asep pun berharap ke depannya lebih banyak lagi narapidana kasus terorisme yang akan mengucap janji Setia kepada NKRI.

“Tentu saja, harapan kita adalah apa yang dilakukan oleh Agus Alwi Bin Hj.Amirulloh dan Nirwansyah Bin Aspia ini bisa menjadi contoh untuk para napi terorisme lainnya,” pungkasnya. (gin)

Exit mobile version